Minggu, 5 Mei 2024

Peringati Hari Air Dunia 2024, Jasa Tirta I Tanam 16.500 Pohon

Diunggah pada : 24 Maret 2024 6:52:22 17
PJT I memperingati Hari Air Sedunia dengan menanam pohon. Sumber Foto: PJT I

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Air Sedunia, sebagai BUMN pengelola sumber daya air, Perum Jasa Tirta (PJT) I melaksanakan peringatan dengan melakukan penanaman pohon. Total sebanyak 16.500 batang pohon ditanam secara serentak di lima wilayah sungai di Indonesia.

Mengutip rilis Sub Divisi Humas dan Informasi Publik PJT I (25/3/2024), adapun kelima wilayah sungai tersebut masuk dalam kawasan wilayah kerja PJT I yang berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Lokasi penanaman pertama dilakukan di Desa Tlekung, Kota Batu, dilaksanakan penanaman 5.000 batang pohon. Kedua di Waruturi, Kabupaten Kediri sebanyak 4.000 batang pohon.

Ketiga di Desa Kare, Kabupaten Madiun sebanyak 5.000 batang pohon. Keempat di Hulu Rawa Pening, Kabupaten Semarang sebanyak 1.000 batang pohon. Kelima di Desa Ambar Halim, Kabupaten Toba sebanyak 1.500 batang pohon.

Kegiatan penanaman tersebut juga mengundang stakeholder perusahaan di masing-masing wilayah. Selain penanaman pohon, dilaksanakan juga kegiatan edukasi bagi anak usia dini dari Taman Kanak Kanak maupun Sekolah Dasar yang berlokasi di dekat wilayah penanaman.

Adapun kegiatan edukasi tersebut berupa story telling tentang air. Dilanjutkan berbagai permainan sederhana dan hiburan yang dikemas dengan kreativitas untuk mengedukasi anak usia dini tentang pentingnya melestarikan air bagi kehidupan.

Selain itu, anak-anak juga dilibatkan saat penanaman pohon bersama stakeholder terkait. Untuk kegiatan penanaman pohon di WS Toba Asahan dihadiri oleh seluruh Direksi PJT I.

Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat  menyampaikan kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia sebagai wujud kolaborasi serta komitmen bersama untuk menjaga kelestarian sumber daya air.

"Menjaga air adalah tugas kita bersama. Semoga kegiatan yang kita laksanakan dapat dinikmati hasilnya hingga anak cucu kita kelak. Karena sangat penting menanamkan rasa peduli untuk melestarikan air untuk ketahanan air di masa mendatang," ujar Fahmi.

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga sumber daya air melalui generasi yang akan datang. Dengan tema Water For Peace PJT I berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air.

"Untuk generasi muda, kami berupaya melakukan edukasi dengan media yang berbeda yaitu story telling dengan tajuk Air Bercerita agar esensi peranan penting air untuk kehidupan dapat dicerna dengan cara yang menyenangkan," ungkapnya.

Direktur Keuangan, Pengelolaan Sumber Daya dan Manajemen Risiko PJT I, Mukhamad Taufiq menambahkan, pohon yang ditanam adalah jenis pohon keras yang bernilai ekonomis. Namun di lokasi Desa Ambar Halim juga dipilih beberapa tanaman buah.

"Harapannya dengan menanam ini tidak hanya mampu menjaga air. Namun hasilnya juga dapat dinikmati oleh masyarakat. Tujuan lainnya adalah agar masyarakat bersemangat menanam karena dalam jangka panjang buah hasil panen akan mereka nikmati," pungkasnya. (idc/s)

#tanam pohon #Perum Jasa Tirta I #Hari Air Dunia