Minggu, 5 Mei 2024

Perhutani Sosialisasi Digitalisasi Tiket Pendakian Gunung

Diunggah pada : 22 Februari 2024 14:19:02 20

Jatim Newsroom- Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat bersama PT MTN adakan sosialisasi Digitalisasi Tiket Pendakian pada Pengelola Wisata yang ada dikawasan hutan bertempat di Base Camp Mount Raung 3344 MDPL Dusun Wonorejo Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, pada, Rabu (21/2/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dusun Wonorejo, Pengelola Base Camp Mount Raung 3344 MDPL, Pengelola Wisata Alam Legomoro dan stake holder pendakian Gunung Raung.

Dengan adanya aplikasi tiket pendakian akan sangat memudahkan Pendaki untuk melakukan aktivitas nya di Gunung Raung, selain tiket masuk tiket pendakian akan bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk layanan lainnya seperti, Porter, Guide, Ojek, Travel, Sewa alat, Private dan open trip yang akan dibantu dijualkan layanan tersebut melalui Aplikasi tiket pendakian.

Direktur PT MTN Hario Laskito mengatakan, dengan mudahnya pendaki melakukan pemesanan, harapannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar Pos Pendakian dan Pendaki akan mendapatkan keamanan dalam bertransaksi melalui aplikasi dikarenakan semua pelaku layanan tersebut sudah di verifikasi oleh pihak Penggelola Pos Pendakian dan Perhutani KPH Banyuwangi Barat.

Mewakili Adm Perhutani KPH Banyuwangi Barat, KSS Agroforestry dan Ekowisata Sutikno menyampaikan, sosialisasi dilakukan setelah kemarin hari Selasa Perhutani dengan PT MTN menandatangani Perjanjian Kemitraan Penjualan Dan Pengelolaan Tiket Masuk Pendakian (Simaksi)  Tiket Wisata.

“Perhutani selaku Pengelola Kawasan Hutan harus melakukan pengelolaan sesuai dengan GCG (Good Corporate Governance), dimana Aplikasi Tiket Pendakian ini mencakup mitigasi terjadinya bencana, misalnya sudah terintegrasi dengan BMKG, Magma maupun SOS sehingga lebih aman bagi para Pendaki,” pungkasnya.

“Kami menyambut baik dengan Aplikasi Tiket Pendakian ini karena sangat memudahkan kami dalam mengelola wisata minat khusus yaitu Pendakian Gunung Raung, fitur fiturnya sangat berguna dan yang penting tidak mengubah tata kelola yang sudah kami lakukan.” Kata Dimas, pengelola Base Camp Mount Raung 3344 MDPL.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengelola Wisata Alam Legomoro Ponirin bahwa pihaknya melihat sistem Aplikasi Tiket Pendakian sangat membantu dalam pengelolaan wisata Legomoro. (jal)

#perhutani