Sabtu, 27 April 2024

Perhutani KPH Malang Serahkan Sharing Sengon Senilai Rp 310 Juta ke LMDH Tani Maju

Diunggah pada : 19 Maret 2024 10:57:21 50

Jatim Newsroom - Sebagai upaya pemanfaatan kawasan hutan serta menjalin sinergitas bersama mitra kerja kehutanan, Perum Perhutani KPH Malang memberikan sharing hasil tebangan jenis kayu sengon yang ada di wilayah RPH Bantur BKPH Sumbermanjing atas 7 anak petak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.

Pembagian sharing ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Administratur dengan didampingi management kantor KPH Malang.

Administratur Perhutani KPH Malang Loesy Triana, Selasa (19/3/2024) menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama kemitraan antara Perum Perhutani bersama masyarakat desa hutan yang ikut memiliki tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian hutan serta pengamanan kawasan hutan untuk diambil manfaatnya. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan mengembangkan tanaman kayu jenis sengon untuk meningkatkan penghasilan masyarakat yang ada di sekitar desa hutan.

“Aspek kelestarian hutan juga perlu diutamakan sehingga fungsi hutan selain sebagai pendukung aspek kelestarian ekosistem dan ekologi hutan juga mampu memberikan nilai tambah secara ekonomis kepada masyarakat yang memanfaatkannya”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua LMDH Tani Maju Teguh Ari Prianto mengucapkan terimakasih kepada segenap Manajemen Perhutani KPH Malang atas kepercayaan dan kesempatan untuk mengelola kawasan hutan yang ada di wilayah kerja Perum Perhutani KPH Malang. 

“Proses pengelolaan kawasan dengan tanaman sengon, mulai dari penanaman bibit hingga proses tebangan, tentunya memerlukan waktu yang lama dalam perawatan tanaman agar hasilnya maksimal. Kerja sama ini berhasil berkat pendampingan pihak Perhutani dan peran serta masyarakat sekitar hutan”, ungkapnya. (jal/hjr)

#perhutani