Senin, 6 Mei 2024

Perhutani Blitar Lakukan Penanaman di Lokasi Eks Tebu

Diunggah pada : 6 Maret 2024 20:10:44 46

Jatim Newsroom - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar, bersama Penggiat Lingkungan MPH mengadakan penanaman bersama di lokasi Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) RPH Kepek BKPH Lodoyo Barat masuk administrasi Desa Sutojayan, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Kegiatan ini diikuti oleh segenap jajaran Perhutani BKPH Lodoyo Barat, Penggiat Lingkungan MPH , Babinsa dan Kepala Desa Sutojayan dan dihadiri Administratur/KKPH Blitar Andy Iswindarto bersama Wakil Administratur/KSKPH Blitar Inugroho Sigit Raharjo, Kasi Pembinaan Sumberdaya Hutan dan Kemitraan Tukani, Kasi Perencanaan dan Pengembangan Binas Endang Nurasik pada, Rabu (6/3/2024).

Andy Iswindarto pada kesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya pengembalian fungsi hutan yang dulu pernah ditanami tebu saat ini dikembalikan pada fungsinya sebagai perlindungan. 

Adapun jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman buah berkayu /RBC, Penanaman bersama di petak 73 masuk KPS yang tidak boleh ada penebangan atau produksi serta penggarapan secara intensif. Luas tanaman  BKPH Lodoyo Barat tahun ini seluas 79,1 Ha. Total bibit  80 ribu plc termasuk yang di lokasi KPS ini. 

Penanaman MPTS ( Multy Purpose Tree Species), yaitu tanaman berkayu yang multi guna sebagai perlindungan dan menghasilkan buah-buahan. 

Dulunya di petak ini ditanami tebu oleh masyarakat, dan 2 tahun terakhir ditutup. "Terimakasih kepada jajaran BKPH LOBAR. Ke depan kita galakkan kegiatan penanaman dan menjaga tanaman yang ada di lokasi KPS ditempat lain," pungkasnya.

Ketua MPH Purnomo mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung Perhutani dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan. (jal/hjr)

#perhutani