Sabtu, 27 April 2024

Perhutani Bersama Kodim 0821 Lumajang Bangun Gapura Pura Umat Hindu

Diunggah pada : 31 Agustus 2022 8:54:09 62
Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pronojiwo bersama Kodim 0821 Lumajang dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Sari melakukan peletakan batu pertama pembuatan Gapura Pura dan penanaman pohon jenis Nyamplung dan Cemara Udang.

Jatim Newsroom- Untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama serta mencegah terjadinya abrasi disekitar bibir pantai selatan Watu Godeg Dusun Kerang Menjangan, Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pronojiwo bersama Kodim 0821 Lumajang dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Sari melakukan peletakan batu pertama pembuatan Gapura Pura dan penanaman pohon jenis Nyamplung dan Cemara Udang. Kegiatan tersebut telah dilakukan pada, Senin (29/08/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Perhutani (Asper) Pronojiwo Yudha beserta jajaran, Komandan Kodim  (Dandim) 0821 Lumajang Gunawan Indra beserta jajaran, Ketua LMDH Mekar Sari Sutiono beserta ajajaran dan masyarakat sekitar yang beragama Hindu.

Dalam giat reboisasi yang dilaksanakan dilahan kawasan Hutan petak 10F Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tempursari yang sudah dikerjasamakan dengan Kodim 0821 Lumajang dengan ratusan bibit pohon jenis Cemara Udang dan Nyamplung ditanam.

Menurut Yudha, Asper BKPH Pronojiwo dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022) mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan ruang hijau disempadan pantai dan menambah daya tarik bagi pengunjung wisata Pantai Godek, serta bisa menahan abrasi pantai dan perembesan air laut kedaratan sehingga air menjadi payau.

Peletakan batu pertama pembuatan Gapura Pura  Umat Hindu dilakukan oleh Asper Pronojiwo dan Dandim 0821 Lumajang yang disaksikan masyarakat sekitar yang beragama Hindu serta beberapa anggota Kodim Lumajang dan anggota LMDH Mekar Sari Tempursari.

Menurut Dandim Lumajang, kegiatan tersebut untuk memberikan kenyamanan beribadah bagi umat Hindu yang ada di Desa Bulurejo dan sekitarnya. Dan menjadikan wisata pantai Godek lebih maju dengan adanya wisata religi.

Yudha berharap usai penanaman, masyarakat sekitar juga ikut peduli dalam menjaga kelestarian tanaman tersebut, mengingat manfaatnya cukup besar bagi kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar kawasan pesisir pantai.

Disela kegiatan Sutiono Ketua LMDH Mekar Sari menjelaskan bahwa reboisasi ini selain sebagai upaya mitigasi kebencanaan terhadap potensi bahaya abrasi disempadan pantai juga berfungsi sebagai penyaring air laut yang naik kedarat, sehingga tidak menggangu sumber mata air tawar disekitarnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Perhutani dan Kodim Lumajang karena sudah peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar Pantai Watu Godek, semoga Perhutani dan Kodim Lumajang tetap eksis bersinergi untuk bersatu padu mensejahterakan dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. (jal/hjr)

#perhutani