Senin, 17 Juni 2024

Penguatan Pelajar Pancasila SDM 11 Surabaya Gelar Budaya Indonesia

Diunggah pada : 22 Juni 2023 14:29:59 55
Penguatan Pelajar Pancasila Gelar Budaya Indonesia SDM 11 Surabaya.

Jatim Newsroom - Dalam upaya memberikan wawasan dan membangun karakter kebangsaan kepada siswa dan puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SD Muhammadiyah 11 Kota Surabaya mengadakan Gelar Budaya Indonesia.

Dalam rilisnya Kamis (22/6/2023), Koordinator Jenjang Kelas IV SD Muhlas, Isti'anah Hajar mengatakan kegiatan ini digelar setiap akhir semester dan merupakan rangkaian sistem pembelajaran teori di kelas dan praktek bagi siswa dalam upaya menanamkan  penguatan Pelajar Pancasila dan melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia atau Nusantara bagi siswa.

"Tema P5 kali ini yaitu Nusantara, yang mana sudah disampaikan dalam materi pembelajaran dan presentasi tentang lagu daerah, pakaian adat dan makanan khas daerah," terang Isti'anah.

"Di era serba digitalisasi ini semoga menjadi generasi yang berakhlaq mulia dan tetap mempertahankan nilai nasionalismenya," tandasnya.

Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya Mursiah SAg MPd mengapresiasi guru, siswa dan orangtua.

"Alhamdulillah dan terimakasih kami sampaikan kepada ayah-bunda yang bersinergi mendukung pelaksanaan P5 kelas IV ini mulai dari persiapan hingga pelaksanaan,"tuturnya.

Gelar karya P5 merupakan implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan di kelas I - IV, namun kegiatan ini dilaksanakan oleh semua kelas mulai dari jenjang I - V dengan tema yag bebeda - beda. Kegiatan ini memotivasi dalam belajar dan mendorong siswa untuk aktif serta kreatif sesuai kemampuannya masing-masing.

Di Auditorium AR Fachruddin SDM 11 Surabaya, tempat acara tampak puluhan siswa dan wali murid, mereka tampak memakai baju khas daerah, ada yang memakai kebaya, baju khas Madura, Cak dan Ning Surabaya, adat Bali dan khas daerah lain. Sambil menunggu dimulainya acara para siswa bersendau gurau dan bermain permainan tradisional, diantaranya permainan congklak atau dakon, kelereng, lompat tali, pletokan dan egrang batok.

Sementara para Wali Kelas dan Paguyuban Kelas IV menyiapkan jajanan atau makanan khas daerah seperti empek-empek Palembang, mie Wonogiri,  pecel Madiun, sate Madura, nasi Krawu khas Gresik, kue kucur, dan siomay Bandung.

Para siswa secara bergantian menyanyikan lagu - lagu daerah seperti Rek Ayo Rek, Yamko Rambe Yamko, Gundul -gundul Pacul, Ampar-ampar Pisang, Cublak-cublak Suweng, Suwe Ora Jamu, Apuse dan Sajojo. (pno/hjr)

 

 

#sdm 11 Surabaya #Gelar Budaya Indonesia