Rabu, 26 Juni 2024

Cetak Generasi Qur'ani, SDM 11 Surabaya Wisuda Perdana Tahfidzul Quran

Diunggah pada : 4 Juni 2022 21:37:48 225
Siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya hafal 12 juz dan 5 juz mendapatkan apresiasi dari pihak sekolah.

Jatim Newsroom - SD Muhammadiyah 11 Surabaya (MuhlaS) menggelar Wisuda Perdana Tahfidzul Qur'an Program Reguler dan Khusus dengan tema Menggapai Prestasi Cemerlang Dengan Semangat Cinta Al-Qur'an di Aula AR Fachruddin lantai 4 gedung SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Sabtu (4/6/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya, Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Krembangan Surabaya, Ketua dan Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Krembangan, para guru, beserta wali murid.

Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Mursiah, S.Ag., M.Pd. menjelaskan sebanyak 97 santri mengikuti Wisuda Perdana Tahfidzul Qur'an setelah dilaksanakannya tiga kali munaqosyah dalam satu tahun atau dua semester.

"Beragam prestasi hafalan yang telah dicapai para santri, bahkan ada salah satu siswi yang telah hafal 12 juz dari kelas 6 An-Naba, pihak sekolah juga memberikan apresiasi kepada anak-anak tahfidz berupa bea siswa bagi yang hafidz 3 juz, 5 juz, dan 7 juz," terang Mursiah.

 Ditambahkan, rincian hafalan siswa atau santri SD MuhlaS yang diwisuda adalah peserta wisuda juz 30 sebanyak 83 santri, 2 juz sebanyak 4 santri, 3 juz sebanyak 7 santri, 5 juz sebanyak 2 santri, dan 12 juz sebanyak 1 santri.

"Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kelas tahfidz, maka tahun pelajaran 2022/2023 akan diluncurkan program boarding tahfidz," tambah Mursiah.

Pihaknya berharap, anak - anak tahfidz selalu istiqomah menjaga hafalannya sehingga bisa membawa keberkahan hidup dan SD MuhlaS mampu menghantarkan dan memfasilitasi program unggulan tersebut.

Salah satu siswa kelas 6 At-Tin SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Nikmata Lian Maulidya yang hafal 12 juz sangat senang dan bangga sekali bisa ikut serta dalam Wisuda Perdana Tahfidzul Qur'an.

"Ketika masih TK B saya sudah mulai menghafal juz 30 dari surat An-Naba, kemudian masuk SD Muhammadiyah 11 Surabaya mulai menghafal satu hari satu halaman," terang Nikmata.

Lanjut Nikmata, berbekal dari niat, kemauan, dan ketekunan menghafal satu hari satu halaman akhirnya saat ini bisa ikut wisuda Tahfidz dengan hafalan 12 juz yaitu juz 1-6 dan juz 25-30.

"Pesan saya generasi muda atau millenial jangan lupa untuk membaca Al-Qur'an setiap hari, karena Al-Qur'an tersebut akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya," kata siswi  yang bercita cita jadi dokter ini. (pno/n)

#sdm 11 Surabaya