Sabtu, 18 Mei 2024

Pemprov Jatim Gelar Rapat Pembinaan Kecamatan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Diunggah pada : 13 Desember 2023 6:16:29 86
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (tengah) usai memberikan penghargaan sinergitas kecamatan tahun 2023, di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (12/12/2023). Foto : Haenry / JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Rapat Pembinaan Kecamatan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, Selasa (12/12/2023) malam. 

Kegiatan bertajuk 'Penguatan Peran Kecamatan dalam Penyelenggaraan Layanan Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Kecamatan' itu berlangsung di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya. 

Dalam kegiatan ini, juga diberikan penghargaan sinergitas kinerja kecamatan yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Peserta yang mengikuti kegiatan, adalah para camat di Jawa Timur, Bupati/Walikota, Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten/Kota, dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim serta Bakorwil, dan Tim Penilai Sinergitas Kecamatan. 

Dalam laporannya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Didik Chusnul Yaqin menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini digelar adalah untuk memberikan pemahaman dan perspektif pada camat dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan dasar serta pemberdayaan masyarakat di wilayahnya.

"Maksud kegiatan ini adalah juga untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja kecamatan dalam mengemban amanahnya," jelas Didik. 

Lebih lanjut, Didik menuturkan, Jawa Timur saat ini dinobatkan menjadi provinsi terinovatif di Indonesia. "Ternyata kalau kita runtut kenapa Jawa Timur menjadi provinsi terinovatif, itu salah satunya adalah karena camatnya juga inovatif," tuturnya. 

Pemberian penghargaan sinergitas kinerja kecamatan kepada camat terbaik pada agenda kegiatan ini, Didik mengungkapkan, sebelumnya telah mengalami kompetensi proses seleksi administrasi yang dilakukan oleh bagian pemerintahnya masing-masing, sehingga terpilih 30 camat melakukan presentasi. 

"Dari 30 itu diambil 7 untuk menetapkan lima, namun karena antusiasme dari masing-masing camat luar biasa. Sehingga dipilih 7 camat terbaik. Kompetensi sinergi kecamatan diadakan dalam rangka peningkatan layanan dasar dan juga pemberdayaan masyarakat. Harapannya dengan kegiatan sinergitas kinerja kecamatan bisa mengakselerasi kecamatan dengan sumber daya yang ada dalam memberikan layanan publik yang terbaik bagi masyarakatnya," ungkap Didik. 

Didik mengatakan, melalui kompetisi dan penghargaan sinergitas kecamatan yang diberikan, pihaknya ingin para camat bisa memberikan dukungan yang siginifikan. "Karena tanpa bimbingan camat, maka desa tidak bisa dikendalikan. Sehingga saya berkeinginan kegiatan ini dapat memberikan apresiasi kepada camat agar tambah semangat dan bisa melakukan inovasi sehingga Jawa Timur tetap terdepa, dalam inovasi,"ujarnya. 

Diketahui, camat penerima penghargaan hasil kompetisi sinergitas kecamatan yakni, juara satu diraih oleh Camat Wonosari Kabupaten Malang, Desi Arianti. Juara II diraih oleh Camat Pabean Cantian, Kota Surabaya Muhammad Yanuar Rizal. Dan juara III Camat Manguharjo Kota Madiun, Lita Febriana Lestari. 

Sedangkan juara harapan I diraih oleh Camat Talango Kab. Sumenep Yudi Nur Sukmadianto. Juara harapan II diraih oleh Camat Junrejo Kota Batu, Dian Saraswati. Juara harapan III diraih oleh Camat Modo Kab. Lamongan, Rahmat Kurniawan. Dan juara harapan IV diraih oleh Camat Kawadenan Kab. Magetan, Ari Budi Astuti. 

Selain diberikan kepada para camat berprestasi, penghargaan juga diberikan kepada para Tim Penilai Sinergitas Kecamatan Tahun 2023, yang terdiri dari Peneliti UNAIR, Peneliti The Jawa Pos Institute of Pro Otonomy (JPIP), Perwakilan DPMD Jatim, Perwakilan Bappeda Jatim, Perwakilan Biro Organisasi Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Timur, dan Perwakilan Biro Pemerintahan dan Otoda Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. (vin/s) 

#pemprov jatim #kecamatan #Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah #camat