Selasa, 23 Juli 2024

Pemprov Jatim dan Perusahaan BUMN Berikan Fasilitas Mudik Lebaran 2024 Gratis

Diunggah pada : 22 Maret 2024 18:05:05 430
Sejumlah Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) terparkir menunggu penumpang di Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo Kamis (23/3/2024). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Perantau asal Ponorogo kembali dapat memanfaatkan kemudahan mudik Lebaran gratis. Pemprov Jatim yang memberikan fasilitas tanpa bayar layanan transportasi dari Surabaya ke Ponorogo itu. ‘’Lebaran tahun lalu tersedia 15 lebih armada bus dari Surabaya, banyak pemudik yang memanfaatkan fasilitas ini,’’ kata  Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo Riza Fitria Widyanarto, Kamis (21/3/2024).

Menurut Riza, masyarakat selalu menantikan program mudik gratis. Apalagi, pendaftarannya mudah karena dapat secara online mulai 14 hingga 23 Maret. Untuk pendaftaran  offline harus datang langsung ke Kantor Dishub Provinsi Jawa Timur. ‘’Syaratnya juga mudah, cukup menunjukkan KTP (kartu tanda penduduk),’’ jelasnya. 

Selain dari Pemrov Jawa Timur, layanan mudik gratis juga tersedia berkat prakarsa sejumlah perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, jarang ada armada yang rutenya langsung berakhir di Ponorogo. ‘’Mayoritas finish di Madiun, tapi pemudik dengan tujuan Ponorogo masih dapat merasakan manfaatnya. Menunggu jemputan di Madiun atau berganti angkutan untuk pulang ke kampung halaman,’’ terangnya. 

Riza belum dapat memastikan adanya fasilitas mudik dan balik gratis bagi perantau asal Ponorogo. Fasilitas itu tersedia sekitar empat tahun lalu dan tidak sedikit yang bertanya mengapa program populis itu tidak berulang. ‘’Karena keterbatasan anggaran, mudah-mudahan Lebaran tahun depan kembali tersedia layanan mudik dan balik gratis   untuk memfasilitasi perantau asal Ponorogo,’’ ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo