Kamis, 18 Juli 2024

Pemprov Jatim Beri Layanan Dukungan Psikososial pada Korban Banjir Lahar Dingin Semeru

Diunggah pada : 12 Juli 2023 9:41:17 146
UPT PPSAA Situbondo Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bersama tim Jatim Sosial Care (JSC) Dinsos Provinsi Jatim melakukan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada korban bencana banjir lahar dingin Semeru Lumajang,

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bersama tim Jatim Sosial Care (JSC) Dinsos Provinsi Jatim memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada korban bencana banjir lahar dingin Semeru Lumajang.

Sejak terjadi bencana pada Jumat (7/7/2023) lalu, Tim JSC Dinsos Provinsi Jatim membuat jadwal LDP. Untuk jadwal Senin - Selasa (10-11/7/2023), LDP dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (UPT PPSAA) Situbondo.

Kepala UPT PPSAA Situbondo Rachmat Arif, melalui humas Dinsos Jatim, Rabu (12/7/2023) menyampaikan, sebanyak empat orang pegawai UPT PPSAA Situbondo yang terdiri dari Kepala Seksi Perlindungan Sosial, dua orang pekerja sosial, dan petugas keamanan pun bertugas ke lokasi bencana.

Kegiatan LDP dimulai pukul 06.45 WIB, yaitu membantu dapur umum untuk menyiapkan dan mendistribusikan sarapan kepada pengungsi yang berada di Posko Pengungsian Desa Nguter. Selanjutnya, LDP diberikan melalui permainan atau ice breaking kepada balita dan anak usia 5-10 tahun. 

Dilanjutkan dengan pembagian paket bantuan dari UPT PPSAA Situbondo berupa makanan ringan, susu, pakaian bayi, dan pakaian balita dan paket bantuan sembako dari Dinsos Provinsi Jatim. Ada pula pembagian bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim kepada 15 lansia perempuan dan 5 ibu menyusui yang tersebar di Posko Pengungsian Desa Nguter, Posko Pengungsian Komunitas Petani dan Peternak Wani Gosong, serta Posko Pengungsian Pondok Pesantren Darussalam. 

Kembali ke Posko Pengungsian Desa Nguter, pada pukul 18.00 WIB, tim UPT PPSAA Situbondo melanjutkan kegiatan dengan pemberian penguatan spiritual melalui tausiyah, berselawat, dan doa bersama yang dipimpin Ustaz Muhammad Athoila. Di hari kedua, tim UPT PPSAA Situbondo membantu di dapur umum dan melakukan evaluasi serta koordinasi dengan tim LDP yang bertugas selanjutnya.

“Kami berharap semoga pemberian LDP berupa bantuan paket sembako dan trauma healing kepada para pengungsi korban bencana lahar dingin Semeru Lumajang dapat memberikan manfaat dan kondisi segera pulih,” tutur Rachmat Arif .(her/s) 

#dinsos