Rabu, 8 Mei 2024

Pemkab Ponorogo Canangkan Gerakan Minum Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri

Diunggah pada : 31 Oktober 2023 20:45:14 44
Remaja putri ikut kegiatan serentak minum tablet tambah darah di halaman Gedung Terpadu Ponorogo, (Selasa, 31/10/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Terdapat korelasi antara anemia dan stunting. Ibu hamil yang kekurangan zat besi (Fe) berisiko melahirkan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan stunting, karenanya sebagai pencegahan diperlukan upaya memutus mata rantai anemia dimulai dari remaja putri. Pemkab Ponorogo pun melalui Dinas Kesehatan mencanangkan gerakan bergizi dengan memberikan tablet tambah darah kepada para remaja putri.

Pencanangan gerakan bergizi dengan minum tablet tambah darah itu berlangsung di halaman Gedung Terpadu, Selasa (31/10/2023). Sebanyak 500 siswi SMP/SMA sederajat mengikuti kegiatan yang bertujuan mencegah anemia sekaligus menekan angka prevalensi stunting itu. 

“Kalau remaja putri  kadar Hb-nya baik, nanti pada saat dia hamil di kemudian hari, meskipun itu terjadi 10 tahun kemudian, karena deposit zat besinya cukup maka risiko anemianya kecil,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti.

Menurut dia, remaja putri cukup sekali dalam seminggu mengkonsumsi tablet tambah darah itu. Pihak sekolah dapat bekerja sama dengan puskesmas untuk penyediaan tablet tambah darah. “Perlu ada pemantauan mulai dari pengajuan sampai tablet dikonsumsi oleh pelajar putri,”terang Kadinkes.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ikut hadir dalam acara gerakan bergizi minum tablet tambah darah itu. Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko, sempat sarapan lesehan dengan ratusan pelajar putri sebelum secara simbolis membagikan tablet. “Kami sedang fokus penanganan stunting yang sebenarnya juga berhubungan dengan anemia. Di mana anemia dapat terjadi mulai dari remaja,” jelasnya.

Menurut Kang Bupati, ibu hamil yang mengalami anemia rentan melahirkan BBLR dan sebagian besar menjadi stunting.  “Jadi, untuk mengoreksinya yang paling betul itu pada masa remaja,”ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo