Selasa, 7 Mei 2024

Pemkab Ponorogo Ajak Siswa PAUD Mengenal Etika Berlalu Lintas

Diunggah pada : 7 November 2023 15:41:47 4
Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Puluhan siswa pendidikan usia dini (PAUD) di Ponorogo mendapatkan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas di Taman Wengker, Senin (6/11/2023). Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Ponorogo sengaja mendatangkan pemateri dari Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres setempat.

Bupati  Sugiri Sancoko yang ikut hadir bersama Bunda PAUD Ponorogo Susilowati dalam acara sosialisasi itu meyakini materi edukasi tentang keselamatan berlalu lintas bakal tertanam di otak anak. Mereka sejak dini mengetahui arti rambu-rambu yang terpasang di jalan. “Bagian dari upaya pembentukan karakter, bagaimana bertransportasi dan berlalu lintas yang baik,” kata Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Kang Bupati mencontohkan, anak-anak sejak dini akan memahami tatacara menyeberang jalan, menghargai sesama pengguna jalan, serta sopan santun berkendara. Namun, sebagian orang tua malah sering lupa mengenalkan pemakaian helm sebagai pelindung kepala anak-anaknya saat naik kendaraan bermotor. “Bisa jadi, anak-anak nanti yang mengingatkan orang tuanya bagaimana seharusnya berkendara,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Nurhadi Hanuri mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi itu sebagai upaya menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Mereka akan mendapat bekal edukasi ketika kelak harus berkendara serta menjadi pengguna jalan. “Menyadarkan dengan tertib berlalu lintas berarti menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain,”’ungkap Nurhadi.

Para pemateri juga menerangkan bahwa rambu-rambu lalu lintas yang selama ini terpasang bukan sebagai hiasan jalan. Melainkan untuk dipatuhi sehingga arus lalu lintas lancar dan menghindari kecelakaan. “Termasuk etika ketika lampu merah menyala, arti isyarat lampu kuning, dan hijau. Anak-anak antusias mengikuti sosialisasi,” ujarnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo