Senin, 16 September 2024

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp7.358 miliar untuk Kelancaran Pilkada

Diunggah pada : 3 September 2024 7:44:02 62
Foto : istimewa

Jatim Newsroom -  Anggaran sebesar Rp7,358 miliar disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mendukung pengamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada Pasuruan 2024.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Selasa (3/9/2024), besaran anggaran tersebut diberikan dalam bentuk hibah kepada tiga institusi keamanan, yakni Polres Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, dan Polres Pasuruan Kota.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pasuruan, Eddy Supriyanto mengatakan, anggaran pengamanan ini telah disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 yang diajukan pada tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, anggaran paling besar diberikan kepada Polres Pasuruan. Nominalnya mencapai Rp. 3,1 miliar, disusul kemudian anggaran Rp. 2,791 miliar untuk Kodim 0819/Pasuruan, sedangkan Polres Pasuruan Kota menerima hibah sebesar Rp. 1,467 miliar.

Dijelaskannya, anggaran Pengamanan yang telah dialokasikan merupakan bagian dari upaya Pemkab Pasuruan untuk memastikan Pilkada berlangsung aman dan lancar . Eddy menjelaskan, pencairan anggarannya dilakukan dalam dua termin alias masing-masing sebesar 50 persen.  Untuk termin pertama telah dicairkan pada bulan Maret, sedangkan termin kedua sedang dalam proses pencairan.

Eddy menegaskan Polres Pasuruan menerima anggaran paling besar dibandingkan Polres Pasuruan Kota,karena cakupan wilayahnya yang lebih luas. Sebab bila melihat wilayah hukum Polres Pasuruan, tanggung jawab pengamanannya lebih besar, mencakup sebagian besar wilayah Kabupaten Pasuruan. Sementara itu, Polresta Pasuruan hanya meliputi tujuh kecamatan di wilayah kabupaten, yaitu Nguling, Lekok, Grati, Rejoso, Gondangwetan, Pohjentrek, dan Kraton.

Dengan adanya alokasi anggaran ini, diharapkan seluruh aparat keamanan dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Pasuruan 2024. Eddy juga menegaskan pentingnya kerjasama yang solid antara Polres, Kodim, dan Polresta untuk menjaga situasi yang kondusif selama proses pemilihan berlangsung. (yan/s)

 

 

 

#kabupaten pasuruan