Minggu, 5 Mei 2024

Pemkab Pasuruan Akan Percantik Alun - Alun Bangil

Diunggah pada : 27 September 2023 18:50:16 113
Foto : Kominfo Kabupaten Pasuruan

Jatim Newsroom - Guna mempercantik wajah Alun-Alun Bangil dibutuhkan anggaran sebesar Rp 6 miliar. Untuk merealisasikannya Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berencana menggandeng sejumlah perusahaan. 

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto, mengatakan, rencana tersebut menjadi opsi, karena keterbatasan anggaran Pemkab Pasuruan. Anggaran ini awalnya direncanakan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Tetapi, Pemerintah Pusat tidak memperbolehkan dana cukai itu digunakan untuk peningkatan infrastruktur alun-alun.

Karena itu, Heru mengaku harus mencari cara lain. Salah satunya yang kini diusahakan, mengajukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan di Kabupaten Pasuruan.

Saat ini, sambungnya, desain untuk memperbaiki Alun-alun Bangil sudah siap. Salah satunya dengan membongkar pagar di sekeliling alun-alun, tujuannya agar terkesan lebih terbuka.

"Selain itu, juga ada rencana pembenahan infrastruktur penunjang. Serta, beberapa pembangunan sarana dan prasarana pendukung, termasuk jogging track yang kini sudah rusak. Dan di harapkan alun-alun Bangil lebih ikonik untuk menjadi jujukan wisata keluarga'"ujarnya, Rabu (27/09/2023). (yan/s)

#Kab Pasuruan