Minggu, 28 April 2024

Pj Bupati Pasuruan Buka Sarasehan Peringati HPSN 2024

Diunggah pada : 21 Februari 2024 21:19:40 28
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Penjabat (Pj)  Bupati Pasuruan, Andriyanto membuka sarasehan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Rabu (21/02/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Andriyanto memberikan penghargaan kepada salah satu perusahaan yang berhasil meminimalisir adanya sampah pabrik untuk menjadi motivasi dan ditiru oleh perusahaan lainnya.

"Bukan hanya melestarikan alam, Tapi menjadi forum bagaimana cara mengurangi sampah dan cara mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Saya terima kasih kepada perusahaan dan semua lapisan masyarakat yang sukses meminimalisir sampah bahkan menyulap sampah menjadi barang bernilai," ujarnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto mengatakan, tema peringatan HPSN tahun ini adalah " Kurangi Emisi Untuk Lingkungan Berseri Melalui Skema PJLH". PJLH merupakan adalah Pembayaran Jasa Lingkungan Hidup. Tujuannya mendorong peran serta masyarakat dan kerja sama antar berbagai pihak tentang pelaksanaan pelestarian fungsi lingkungan hidup, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup serta konservasi sumberdaya alam. Juga mendorong peran serta para pihak dalam pemanfaatan PJLH sebagai piranti pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

“Sistem PJLH sendiri sudah diatur melalui Peraturan Bupati Pasuruan nomor 224 tahun 2023. Macam kegiatannya sangat banyak, seperti menjaga pohon tegakan; menjaga sumur resapan berfungsi; menjaga strip rumput; menjaga kualitas terasering; dan lainnya. Termasuk mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk kimia, dan tentunya bermuara pada menjaga keanekaragaman hayati," jelasnya. (yan/hjr)

 

#Kab Pasuruan