Selasa, 30 April 2024

Pemkab Mojokerto Ajak Calon Pengantin dan Pasangan Usia Subur Peduli Gizi

Diunggah pada : 12 Desember 2023 12:34:21 41
Sosialisasi peningkatan gizi dan kesehatan calon pengantin dan pasangan usia subur di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBPP) bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi peningkatan gizi dan kesehatan calon pengantin dan pasangan usia subur untuk cegah stunting sejak dini.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (12/12/2023), selain sosialisasi, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk penurunan stunting, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang dilakukan oleh Bupati Mojokerto serta Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto, Camat se-Kabupaten Mojokerto, Ketua Ikatan Bidang Indonesia (IBI), Ketua Muslimat, Ketua Aisyiyah Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, calon pengantin perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum 3 bulan melangsungkan pernikahannya. Sebab, 48 persen calon pengantin perempuan rentan mengalami anemia atau kekurangan darah.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, untuk memenuhi gizi pada calon bayi, para ibu hamil harus memiliki lingkar lengan minimal 23,5 cm. Hal tersebut merupakan salah satu indikator tanda ibu yang tidak kurang gizi.

"Gizi anak dikasih dari ibunya, jika ibunya kurang gizi trus anaknya bagaimana. Kandungan dalam anaknya tidak boleh kekurangan gizi. Karena itu indikator seorang ibu tidak kurang gizi lengannya tidak kurang dari 23,5 cm," jelasnya.

Bupati Mojokerto berpesan, untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Mojokerto, perlu pemenuhan gizi pada setiap balita. Hal itu untuk mendapatkan pertumbuhan balita yang maksimal. Selain itu, Ikfina menambahkan, pola makan dan kesehatan ibu juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan bayinya.

"Untuk menekan stunting, perlu diperhatikan yang pertama kesehatan fisik si ibunya karena kunci ada di ibu hamil. Setelah itu gizi anak-anak harus tercukupi agar tidak sakit berulang, minimal ASI untuk anak usia di bawah 2 tahun," terangnya.

Bupati Ikfina juga berpesan kepada calon pengantin yang hadir di sosialisasi tersebut agar nanti setelah menjadi seorang ibu dan ayah, tidak lupa memperhatikan pertumbuhan anak. "Supaya ke depannya para balita menjadi generasi penerus yang pintar dan berkarakter," pungkasnya. (idc/s)

#stunting #Kabupaten Mojokerto #calon pengantin #pasangan usia subur