Kamis, 2 Mei 2024

Pemerintah Pusat dan Daerah Terus Dorong Pembelian Produk Lokal

Diunggah pada : 11 Mei 2022 18:16:19 120
Sumber Foto: Info Publik - Menperin Agus Gumiwang memberikan sambutan di Jakarta (10/5/2022)

Jatim Newsroom – Potensi belanja pemerintah pusat dan daerah mencapai Rp1.071,4 triliun. Sebanyak Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui belanja produk-produk dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Sampai saat ini, tercatat nilai komitmen pembelian Produk Dalam Negeri (PDN) sebesar Rp216,77 triliun dari 18 kementerian/lembaga, 34 Pemerintah Provinsi, dan 276 Pemerintah Kota/Pemerintah Kabupaten.

Pembelian produk-produk industri dalam negeri melalui pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah pusat, daerah, hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun akan terus dioptimalkan. Hal tersebut dinilai mampu membangun kemandirian serta ketahanan ekonomi nasional, bahkan berdampak pada ekonomi rakyat bawah.

Seperti diberitakan infopublik.id, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pada hari Selasa (10/5/2022) mengatakan, Presiden RI Joko Widodo juga meminta kepada menteri terkait untuk aktif memonitor belanja-belanja di setiap kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan BUMN. 

Menyikapi arahan tersebut, Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus menjalankan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Program P3DN merupakan langkah konkret keberpihakan terhadap industri dan produk dalam negeri guna memberikan kesempatan bagi industri dalam negeri untuk berkembang dan meningkatkan daya saing. (idc/s)

#pemda #produk dalam negeri #produk lokal #belanja pemerintah