Jumat, 3 Mei 2024

Pangdam V/Brawijaya Resmikan RUTILAHU di Kabupaten Mojokerto

Diunggah pada : 8 September 2023 12:11:10 40
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan kelayakan rumah masyarakat, Panglima Kodam V/Brawijaya meresmikan Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU) yang salah satunya berada di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (7/9/2023). 

Peresmian bantuan hasil RUTILAHU yang menyasar rumah milik Kaswi, warga asal Dusun Wonokerto, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ini juga didampingi oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Pada kesempatan ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kodam V/Brawijaya karena telah turut berkiprah dalam pembangunan di Kabupaten Mojokerto. 

"Terkait RUTILAHU di Kabupaten Mojokerto masih banyak, di tahun 2023 ada sekitar 15 ribu lebih RUTILAHU yang harus diselesaikan. Karena berbagai keterbatasan kami hanya menganggarkan 81 saja di tahun 2023, karena kami tidak mendapat DAK," tuturnya melalui rilis Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jumat (8/9/2023). 

Realisasi RUTILAHU ini, lanjut Ikfina, merupakan salah langkah dalam mempercepat menurunkan angka stunting. "Ini juga salah satu upaya kita untuk menurunkan angka stunting. Dengan rumah yang layak huni dan kesehatan masyarakat yang semakin baik, maka sama dengan mencegah infeksi berulang," jelasnya. 

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf menyampaikan, selain peran Pemprov Jatim yang telah menyediakan anggaran untuk realisasi RUTILAHU, juga ada peran penting dari Bintara Pembina Desa (Babinsa), yang lebih dulu telah memetakan masyarakat yang layak menerima bantuan. Sehingga bantuan bisa tersalurkan tepat sasaran. 

"Terima kasih Babinsa telah bekerja nyata di masyarakat, karena kalau tidak ada kalian, kita tidak akan tahu mana masyarakat yang wajib kita bantu dan belum kita bantu. Ini juga berkat Pemprov Jatim yang telah menyediakan anggaran untuk realisasi program ini," tambahnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #pangdam v brawijaya #Rumah Tinggal Layak Huni