Jumat, 20 September 2024

Pameran Lukisan Bertajuk 'Geliart' Hiasi Komplek Balai Pemuda Surabaya

Diunggah pada : 14 Agustus 2024 15:45:53 123
Pemran lukisan bertajuk 'Geliart' di Galeri Merah Putih, Komplek Balai Pemuda Surabaya, selama lima hari dari Sabtu hingga Kamis (10-15/8/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Suatu pemandangan tak biasa kali ini nampak di Galeri Merah Putih, Komplek Balai Pemuda Surabaya, pasalnya sebuah pameran lukisan berjudul 'Geliart' telah digelar di tempat tersebut selama lima hari 10-15 Agustus 2024. Pameran itu merupakan pra kegiatan dari acara besar tahunan yang diprakarsai oleh Sanggar Merah Putih dengan nama Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI).

Dalam pameran ini, jumlah lukisan yang dipajang yakni 22 karya lukis dari seniman-seniman Jawa Timur. Karya seni lukis yang ditampilkan pun beragam aliran, mulai dari aliran realis, naturalis, impresionis, dekoratif , abstract, dan sebagainya. Seluruh karya itu dapat dinikmati para pengunjung Alun-alun Surabaya secara gratis. 

"Ya ini merupakan Pameran pemanasan yang nanti acara besarnya akan diselenggarakan di JX. Internasional pada bulan November mendatang," jelas Koordinator Pameran Lukisan Geliart, Muit Arsa saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2024). 

Muit menerangkan, tema pameran lukisan 'Geliart' memiliki makna seni yang menggeliat, hal itu sebagai penanda jika genderang Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI 2024) sudah mulai ditabuh. "Untuk itu melalui pameran ini diharapkan para seniman, khususnya para pelukis harus mulai mempersiapkan karya-karya terbaiknya untuk ditampilkan di event PSLI pada November nanti. Sehingga pameran ini diberi tajuk Geliart , yang artinya geliat para pelukis dalam menyongsong Pasar Seni Lukis Indonesia 2024," terangnya. 

Koordinator Pameran Lukisan Geliart, Muit Arsa di depan karya lukisannya. Foto : Vivin

Karya para pekukis yang berpartisipasi di pameran Geli@rt, dikatakan Muit tidak dibatasi, baik yang bersifat idealis maupun komersil, sebab melukis itu sebuah ekspresi dan keinginan hati, tentunya ekspresi setiap orang pastilah berbeda - beda. "Oleh karena itu semuanya dibebaskan melukis apa saja yang mereka suka sesuai dengan aliran yang mereka geluti," ujar Muit. 

Karena pelaksanaan pameran ini berlangsung selama lima hari, sampai besok Kamis (15/8/2024). Maka, apabila masyarakat berkunjung ke Alun-alun Kota Surabaya jangan lewatkan untuk melihat-lihat pameran lukisan Geliart di Galeri Merah Putih, Komplek Balai Pemuda Surabaya.

Diketahui, pada pembukaan pameran ini juga dimeriahkan penampilan live musik dari kelompok BAPER Acoustik, yang membebaskan para seniman serta pengunjung untuk menyumbangkan suara merdunya. Selain itu, jadwal waktu kunjung pameran ini juga sesuai dengan jam operasional Alun-alun Kota Surabaya. (vin/hjr)

 

#surabaya #pameran #Balai Pemuda Surabaya #Pameran Lukisan #Lukisan

Berita Terkait

Rangkaian Anniversary ke-7 Tahun IPI
Ikatan Pelukis Indonesia Adakan Seminar...
18 Agustus 2024
thumb
Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik
Konjen Australia Gelar FSAI
7 Juni 2024
thumb