Jumat, 17 Mei 2024

Menteri PPN/Bappenas : Regsosek Tingkatkan Ketepatan Sasaran Program Pemerintah

Diunggah pada : 14 September 2022 21:13:22 540

Jatim Newsroom - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, menegaskan pentingnya registrasi sosial ekonomi (Regsosek) dalam meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Hal ini ditegaskan Suharso Monoarfa, pada saat Webinar Regsosek I dengan tema Mengawal Reformasi Sistem Perlindungan Sosial Melalui Registrasi Sosial Ekonomi, Rabu, (14/9/2022).

Dikatakan Suharso, Regsosek merupakan satu pilar utama dalam reformasi sistem perlindungan sosial yang lebih komprehensif, inklusif, dan adaptif terhadap berbagai goncangan ekonomi, kesehatan, maupun sosial.

“Kita memahami telah banyak upaya yang dilakukan dalam perlindungan sosial baik secara pusat maupun daerah, termasuk program sosial, serta pemberdayaan ekonomi lainnya. Upaya ini tentu perlu diperkuat dan disempurnakan lagi agar benar – benar efektif mencapai tujuannya, sehingga bisa mengurangi inclusion dan exclusion error,” jelas Suharso. 

Suharso juga menjelaskan bahwa Regsosek merupakan pendataan kondisi sosial ekonomi penduduk dari demografi, perumahan, data keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

“Regsosek ini dilakukan untuk seluruh penduduk Indonesia tanpa terkecuali, termasuk presiden dan seluruh pejabat Negara melalui informasi penduduk yang komprhensif dan universal, Regsosek akan mampu menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program pemerintah. Tidak hanya bantuan sosial tetapi juga peningkatan daya saing UMKM yang rata – rata dimiliki penduduk,” tutur Suharso. 

Terdapat dua pilar utama dalam perlindungan sosial. Pertama, pemutakhiran data yang harus memiliki akurasi tinggi, lengkap dan mencakup seluruh penduduk. Dan yang kedua, adalah terintegrasinya berbagai program yang saat ini masih dilaksanakan secara fragmentasi.

“Dengan terwujudnya Regsosek, maka pilar kedua ini mudah – mudahan pengintegrasian itu bisa kita wujudkan bersama,”harapnya.(vin/s)

 

#Regsosek