Jumat, 19 April 2024

Bupati Mojokerto Ajak Masyarakat Sukseskan Regsosek 2022

Diunggah pada : 20 September 2022 21:30:17 37
Foto: Dok. Diskominfo Kab. Mojokerto untuk JNR Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meminta seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mojokerto, untuk ikut menyukseskan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022. 

Tujuannya, yaitu untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang berhubungan dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Pendataan Awal Regsosek yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) ini merupakan upaya menuju Satu Data Kabupaten Mojokerto dan Satu Data Indonesia, yang akan membantu pemerintah pusat dan daerah untuk menangkap dinamika perubahan yang terjadi di masyarakat serta memudahkan pelaksanaan program perlindungan dan pemberdayaan masyarakat.

"Pendataan ini sangat penting untuk kita dan akan menjadi data yang menyeluruh sebagai pegangan dalam membuat kebijakan dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan di masyarakat. Saya nyuwun tolong kepada Forkopimca untuk support penuh pelaksanaan Regsosek ini dan terutama kades sebagai ujung tombak penyampaian informasi kepada masyarakat, jangan sampai ada warga yang tidak mengetahui adanya pendataan ini," ujar Ikfina saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 bertempat di Hotel Vanda Gardenia, Selasa (20/9) melalui rilis Diskominfo Kab. Mojokerto

Ikfina juga menjelaskan, kegiatan Rakorda yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk persiapan Pemkab Mojokerto dalam mendukung pelaksanaan Regsosek 2022 yang akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia.

"Regsosek adalah agenda nasional yang akan menghasilkan satu data oleh BPS, yaitu dengan mendata satu-persatu," jelasnya.

Selain itu, Kepala OPD yang berperan dalam pemanfaatan data, Ikfina meminta, agar para kepala OPD Kabupaten Mojokerto berperan aktif dalam menyebarkan informasi terkait program pendataan, serta dukungan seluruh Camat se-Kabupaten Mojokerto, Polsek dan Kades. Diharapkan semua elemen tersebut ikut dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Regsosek 2022.

"Dengan demikian semua warga bisa bersedia didata dan memberikan data sebenar-benarnya," katanya.

Ikfina menyampaikani, pelaksanaan program pendataan awal REGSOSEK, sebagai satu data sangat penting terkait mengatasi data rangkap dalam memberikan program bantuan kepada masyarakat.

"Regsosek bukan hal yang sederhana karena wilayah kita sangat luas. Basic pendataan adalah KK, kita tidak lagi diizinkan membuat program secara global tapi harus spesifik by name by addres," jelasnya.

Selain itu, Ikfina menjelaskan, BPS Kabupaten Mojokerto sudah mulai berproses dengan merekrut sedikitnya 1813 petugas untuk mendata seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto.

"Ada 1813 petugas di wilayah Kabupaten Mojokerto yang akan mendata masyarakat sekitar 300 ribu lebih KK, basisnya per KK tapi pendataannya per penduduk," terangnya.

Sementara, Kepala BPS Kabupaten Mojokerto, Moh. Farikhin, menjelaskan, persiapan Regsosek sudah dimulai dari tahun 2021 dan pelaksanaan pendataan Awal di tahun 2022 akan dimulai pada tanggal 15 Oktober sampai 14 November 2022. Harapannya tahun 2024 data sudah terintegrasi dan bisa digunakan.

Untuk sasarannya 100 persen penduduk warga negara Republik Indonesia yang tersebar di 514 kab/kota seluruh Indonesia, di Kabupaten Mojokerto terdapat 18 kecamatan, 299 desa dan 5 kelurahan, yang diperlukan adalah kolaborasi semua pihak dan komitmen bersama untuk pelaksanaan Regsosek 2022," pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakorda Regsosek 2022, Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Kepala OPD Kabupaten Mojokerto terkait, serta seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Mojokerto.(sti)

#Regsosek #Registrasi Sosial Ekonomi