Senin, 20 Mei 2024

Mahasiswa UIN Surabaya Juara 1 Lomba Debat British Parliamentary Tingkat Nasional

Diunggah pada : 15 November 2023 12:47:30 45
Maftuhah Nurmalika Febrianti dan Trisna Febi Nurlaili dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam meraih Juara 1 dalam Lomba Debat Kebangsaan Mahasiswa Tingkat Nasional di Pekan Kewarganegaraan Season IV tahun 2023. Sumber Foto ; dok.UIN Surabaya

Jatim Newsroom - Kabar menggembirakan kembali terdengar di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mahasiswa atas nama Maftuhah Nurmalika Febrianti dan Trisna Febi Nurlaili dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam meraih Juara 1 dalam Lomba Debat Kebangsaan Mahasiswa Tingkat Nasional di Pekan Kewarganegaraan Season IV tahun 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh HMJ PM-PKN Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya, di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum  itu memenangkan perlombaan debat dengan sistem British Parliamentary.

Seperti dipublikasikan dalam laman resmi UIN Surabaya (14/11/2023) kedua mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mengakui ketidakbiasaan dalam sistem debat tersebut.

Trisna Febi mengungkapkan, dirinya sempat takut dan overthinking, karena merasa aneh bahwa 1 tim hanya 2 orang saja dan menggunakan sistem yang berbeda.

Meskipun bukan dari Prodi Ilmu Hukum, mereka yakin dengan usaha dan do’a, seperti yang diungkapkan oleh Maftuhah. “Kami yakin akan mampu membawa kami menuju kemenangan dalam debat ini. Kuncinya adalah berlatih, berlatih, dan berlatih,” katanya.

Dalam perdebatan, mereka menjadi tim Oposisi dengan menghadapi mosi terkait Keputusan MK terkait Batas Usia Capres dan Cawapres, Sengketa Pulau Rempang sebagai Bentuk Konflik Agraria Berujung Pelanggaran HAM, dan beberapa isu hukum lainnya. Dr. Arif Mansyuri, M.Pd.I, Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi ini dan berharap agar mahasiswa lainnya juga meningkatkan kemampuan berdebat. Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mengasah kualitas intelektualitas dan public speaking mereka.

Prestasi kemenangan debat yang kerap diraih oleh kedua mahasiswa ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk lebih aktif dalam mengasah kemampuan mereka di kancah nasional maupun internasional serta mampu mengharumkan nama baik almamater UIN Sunan Ampel Surabaya. (rya/s)

#uinsa #UIN Sunan Ampel Surabaya