Rabu, 18 September 2024

Peringatan HUT RI Ke-79

Lomba Tebak Lagu Kominfo Jatim Dimenangkan Bidang IKP

Diunggah pada : 1 Agustus 2024 16:53:48 85
Tim Bidang IKP saat foto bersama usai perlombaan Kominfo dalam Melodi, di Lt. 4, Ruang Anjasmoro, Kominfo Jatim, Surabaya, Kamis (1/8/2024).

Jatim Newsroom - Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) mengadakan kegiatan lomba tebak lagu 'Kominfo dalam Melodi' yang diikuti para pegawai perwakilan dari seluruh bidang, pada Kamis (1/8/2024), di Lt. 4 Ruang Anjasmoro, kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya. Hasil perlombaan, keluar menjadi juara pertama adalah tim dari Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP). 

Peserta lomba merupakan pegawai Kominfo Jatim yang terbagi dalam tim, sesuai dengan bidang masing-masing, yakni tim dari Sekretariat, Bidang IKP, Bidang Data dan Statistik (Dastik), Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika), Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, serta Kebersihan dan Keamanan. Setiap tim ini terdiri dari empat orang.

Perlombaan dibagi menjadi tiga babak. Babak pertama, yaitu tebak lirik lagu. Tiap tim didengarkan lagu yang dipilih secara acak, kemudian diberhentikan di bagian mana saja dalam lagu. Saat itulah, tiap tim membunyikan bel untuk menjawab dan meneruskan lirik lagu yang berhenti. Jika jawaban benar, tim yang menjawab akan mendapat 10 poin.

Untuk babak kedua, perlombaan diadakan dengan menebak judul lagu. Tiap tim didengarkan lagu yang dipilih secara acak, kemudian tim akan menjawab dengan mengacungkan tangan secara rebutan. Tim yang paling cepat mengacungkan tangan akan berkesempatan menjawab dan menebak judul lagu.

Di babak ketiga, tim yang berhasil masuk ke babak ini adalah tim Bidang IKP, Bidang Aptika, dan Bidang Sekretariat. Sedangkan yang tersisih, adalah Bidang Dastik, Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, serta Kebersihan dan Keamanan. Pada babak ketiga ini, setiap tim menyanyikan sebuah lagu, dan per anggota tim bernyanyi untuk menyambungkan lirik pada lagu tersebut hingga selesai. 

Perolehan poin terakhir pada perlombaan, dimenangkan oleh tim Bidang IKP, dengan poin juara 1 Bidang IKP dengan skor 325, juara 2 Bidang Sekretariat dengan skor 265, juara 3 Bidang Aptika dengan skor 170.

Saat ditemui, salah satu anggota tim pemenang dari Bidang IKP Kominfo Jatim, Yohanes Vandy menyampaikan, Ia saling mendukung antara anggota timnya untuk menguasai ritme perlombaan meskipun pada babak awal sempat tertinggal beberapa poin. 

"Kita berusaha santai tenang kalem menguasai ritme perlombaan, dan akhirnya syukurlah kita bisa menguasai perlombaan khususnya pada babak kedua dan ketiga poin kita bisa menyalip ketertinggalan," tutur Vandy. 

Babak kedua, Vandy menerangkan, perlombaan mulai dikuasai timnya. Beruntungnya lagu-lagu yang didengarkan ialah lagu yang Ia dan timnya tahu, mulai dari lagu daerah maupun lagu-lagu lainnya.

"Di babak ketiga itu kita diacak lagunya diberi waktu 10 menit untuk latihan. Lalu dinyanyikan per tim sambung lagu pada bagiannya hingga selesai," terang Vandy.

Harapan ke depan setelah adanya acara lomba ini, Vandy menuturkan, semoga Bidang IKP khususnya bisa menjadi tim yang semakin solid. 

"Tidak hanya tim kami berempat dalam lomba Kominfo dalam Melodi ini, tapi seluruh Bidang IKP menjadi tim yang solid, sobat, teman bertukar pikiran yang baik. Kita harus kompak, karena kita kerja sama-sama, sehingga kita pada akhirnya bonding menjadi satu kebersamaan tim lebih terasa," pungkasnya. (vin/s)

#kominfo jatim #Dinas Kominfo Jatim #HUT Kemerdekaan RI Ke - 79