Sabtu, 27 April 2024

Lepas Masker Diluar Ruangan. Komisi E DPRD Jatim : Langkah Awal Transisi Patut Didukung

Diunggah pada : 20 Mei 2022 16:26:42 83
Foto : Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqi

Jatim Newsroom – Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim menilai keputusan pemerintah untuk melonggarkan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 sebagai bentuk optimisme menata berbagai sektor. Langkah awal transisi ini patut didukung semua pihak.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengatakan, pihaknya meyakini betul keputusan pemerintah pusat itu telah berdasar kajian yang matang dan dengan mempertimbangkan kondisi riil di lapangan.  "Itu artinya Presiden mengajak kita semua semakin optimis menata kembali kehidupan kita," kata Hikmah ditemui di DPRD Jatim, Jumat (20/5/2022).

Pandemi virus yang terjadi beberapa tahun terakhir berdampak pada berbagai sektor. Tak hanya melulu urusan kesehatan, wabah ini juga memukul sektor lain termasuk juga ekonomi serta aspek lain.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menganggap, keputusan pemerintah terbaru itu merupakan momentum untuk seluruh pihak agar menata kehidupan lebih baik. Termasuk juga urusan ekonomi serta pendidikan.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengumumkan sejumlah pelonggaran seiring dengan melandainya situasi wabah. Jokowi memperbolehkan masyarakat mencopot masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa, (17/5/2022).

Sementara untuk yang beraktivitas didalam ruangan atau saat berada di transportasi publik, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker.

Termasuk menyarankan, masyarakat yang sedang sakit batuk, pilek serta lansia dan kelompok masyarakat yang memiliki komorbid untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ucapnya.  (Pca/hjr)

 

#dprd jatim