Sabtu, 4 Mei 2024

Monev Angkutan Lebaran Jatim 2024. Komisi D : Kedepan Angkutan Mudik Gratis Ditambah

Diunggah pada : 23 April 2024 20:04:03 35
Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono bersama Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jatim, Ainur Rofiq saat monev angkutan lebaran 2024. (Dok. Humas Sekwan DPRD Jatim).

Jatim Newsroom -  Komisi D DPRD Jawa Timur menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap anggkutan lebaran 2024 bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim di di UPT LLAJ Lamongan, Selasa (23/4/2024).

Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono menyampaikan apresiasi pelaksanaan mudik di Jatim relatif lancar tidak ada persoalan berarti. Hanya saja, politisi Demokrat itu meminta agar Pemprov terus meningkatan upaya pada tahun depan.  “Sudah bagus kerjasama mudik lebaran yang dilakukan dishub dan PU Bina Marga Jatim pada tahun 2024, kedepannya kerjasama ini dipertahankan,”ucapnya dikonfirmasi usai melakukan monev lebaran 2024 bersama Dishub dan PU Bina Marga Jatim.

Pihaknya juga menyampaikan, ada antusiasme masyarakat terhadap mudik gratis yang luar biasa pada tahun 2024 ini. Komisi D meminta meminta agar pemerintah provinsi Jawa Timur menambah armada angkutan mudik gratis pada tahun depan.

Pada lebaran 2024, ada 96 armada bus AKDP gratis dengan tujuan 20 kabupaten/kota yang disediakan Dishub Jatim sebelumnya. "Tentu harapan kami, ada tambahan armada tahun depan dan harus meningkatan pelayanan," pungkasnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim M Ashari meminta agar upaya sosialisasi massif juga dilakukan. Hal ini berlaku untuk seluruh moda transportasi angkutan lebaran. Sebab, Ashari mengaku banyak mendapat keluhan dari masyarakat.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jatim, Ainur Rofiq menjelaskan, secara umum pantauan arus mudik dan balik pada momen lebaran tahun ini memang relatif lancar. Meski demikian, Dishub juga menyadari permintaan tambahan angkutan gratis juga diharapkan masyarakat.

"Memang permintaan untuk mudik gratis baik yang AKDP maupun AKAP itu banyak permintaan. Karena kita armadanya terbatas makanya masyarakat Jawa Timur yang ada di Jakarta dan mau mudik banyak yang tidak terakomodir," pungkasnya. (Pca/hjr)

 

 

#dprd jatim #Dishub Jatim