Kamis, 2 Mei 2024

Lamongan Raih Penghargaan Kabupaten Sehat 4 Kali Berturut-turut

Diunggah pada : 29 November 2023 9:59:13 45
Kabupaten Lamongan berhasil mendapat penghargaan Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Kabupaten Lamongan berhasil mendapat penghargaan Kabupaten Sehat yang memiliki 9 tatanan dengan predikat Swasti Saba Wistara (tingkat tertinggi). 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan (29/11/2023), penghargaan yang diterima Kota Soto sebanyak 4 kali berturut-turut ini, diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Indra Tsani.

Indra mengatakan, Kabupaten Lamongan berhasil mempertahankan prestasi dan komitmen dalam memberikan kualitas maksimal di bidang kesehatan.

"Alhamdulillah penghargaan keempat berturut-turut bisa didapatkan setelah dilakukan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh tim verifikasi pusat pada September lalu. Dalam penilaiannya menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini menunjukkan keberhasilan Kabupaten Lamongan dalam merealisasikan ragam program dan inovasi kesehatan di Kabupaten Lamongan," kata Indra.

Diterangkan oleh Indra, Kabupaten Lamongan sudah menerapkan program nasional Kabupaten/Kota Sehat (KKS) sejak 2010. Pada tahun ini direalisasikan melalui 11 program prioritas yang memiliki linieritas dengan tatanan kabupaten sehat.

"Dari 11 program prioritas yang kami jalankan memang telah memiliki linieritas dengan 9 tatanan KKS," terangnya.

Secara rinci Indra menjelaskan 9 tatanan dari KKS Lamongan yakni, pertama adalah tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri linier dengan Lamongan Sehat, 100% pelayanan publik berkualitas, dan prestasi pemuda dan olahraga.

Kedua, tatanan pemukiman dan fasilitas umum linier dengan Lamongan Sehat dan Jamula. Ketiga, tatanan pasar rakyat linier dengan UMKM Naik Kelas dan Young Enterpreneur Success. Keempat, pariwisata sehat liner dengan Ramasinta, Desa Berjaya, dan Lamongan Sehat.

Kelima, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan linier dengan 100% pelayanan publik berkualitas. Keenam, tatanan perlindungan sosial liner dengan 100% pelayanan publik berkualitas. Ketujuh, tatanan perkantoran dan perindustrian linier dengan UMKM Naik Kelas, Young Enterpreneur Success, dan 100% pelayanan publik berkualitas.

Kedelapan, tatanan perlindungan sosial linier dengan Yakin Semua Sejahtera (YSS), Young Enterpreneur Success, dan Perintis. Kesembilan, tatanan pencegahan dan penanganan bencana, linier dengan Jamula dan Lumbung Pangan Lamongan. (idc/s)

#lamongan #kesehatan #kabupaten sehat #Swasti Saba Wistara