Jumat, 2 Desember 2022

Lamongan Kembali Raih Penghargaan di Bidang Kesehatan

Diunggah pada : 3 Agustus 2022 16:38:12 66
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat menerima piagam penghargaan dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Jatim Newsroom – Kabupaten Lamongan kembali mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten berpredikat baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam kinerja pencapaiaan program Imunisasi Rutin Lengkap (IRL), penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Program Prioritas Bidang Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2022 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Selasa (2/8/2022).

Penghargaan bidang imunisasi bagi Lamongan bukan untuk pertama kalinya, sebelumnya Lamongan juga dianugerahi penghargaan sebagai Kabupaten dengan kinerja pencapaian Program Imunisasi Nasional (PIN) Polio terbaik se-Jawa Timur 2016, Lamongan juga masuk 7 besar Kabupaten dengan capaian kampanye (Measles Rubella) MR 2017, mendapat penghargaan dari Gubernur sebagai Pemerintah Daerah dengan predikat terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19 2021, dan Kabupaten bebas Frambusia 2022.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi hadir secara langsung menerima penghargan, Pak Yes (sapaan akrab Bupati Lamongan) mengaku bangga atas capaian yang telah diraih dalam menggalakkan imunisasi walau di tengah pandemi.

Sebagaimana dalam rilis resmi Pemerintah Kabupaten Lamongan, Capaian imunisasi di Lamongan tahun 2022 pada imunisasi dasar lengkap (IDL)  pada bulan Juni sejumlah 48,31% dari target 94,1%, untuk anak usia dibawah 2 tahun (Baduta 0-24 bulan) pada bulan Juni mencapai 46,39% dari target 85,6%, sedangkan imunisasi yang diperuntukkan wanita usia subur, ibu hamil, dan non bumil pada bulan Juni tercatat 49,69% dari target 85%.

“Kita memang sudah melakukan banyak tindakan, tapi kita akan terus melakukan peningkatan untuk kebaikan di masa depan, khusunya untuk masyarakat Lamongan,” ungkap Pak Yes.

Pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 ini, Pak Yes antusias karena sadar karena di Indonesia masih beresiko tinggi terjadi penularan virus Campak dan Polio.

“Dengan adanya BIAN 2022 ini Lamongan sangat berantusias, karena dengan suksesnya imunisasi sama dengan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi,” ujar Pak Yes. (ghf/n)

 

#lamongan #kesehatan #Pak Yes #bian