Sabtu, 27 April 2024

Lamongan Juara Umum MTQ Korpri Jatim 2023

Diunggah pada : 18 Oktober 2023 15:44:29 194
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, H. Akhmad Jazuli, saat memberikan penghargaan kepada para juara MTQ Korpri Jawa Timur 2023, di Gedung BKD Jatim, Rabu(18/10/2023) (foto: henry)

Jatim Newsroom- Kabupaten Lamongan menjadi Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Jawa Timur 2023, yang digelar mulai 16-18 Oktober 2023, di Gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim.

Kabupaten Lamongan berhasil meraih juara pada tujuh lomba, yaitu; lomba tartil putri, 7 surat putri, dakwah putri, doa putri, Al kaligrafi digital klasik putra, kaligrafi digital kontemporer putri dan kaligrafi lukis kontemporer putra.

Untuk qori' terbaik cabang tilawah berhasil diraih oleh Mahfudz dari Kabupaten Mojokerto dan qori'ah terbaik diraih Umi Wasiah dari Kota Surabaya. 

MTQ Korpri Jatim 2023 telah resmi ditutup oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, H. Akhmad Jazuli, Ia menilai MTQ Korpri tahun 2023 adalah yang terbaik sepanjag sejarah. " Alhamdulillah, hari ini MTQ Korpri dapat diselesaikan, Insya Allah, ini MTQ Korpri Jatim yang terhebat sepanjang sejarah,"ujarnya.

Ia juga mengapresiasi para juara dan berharap para juara semakin bersemangat lagi dan tidak kendur. Karena para juara akan tampil di MTQ Korpri tingkat nasional di Kalimantan Tengah. "Saya mengapresiasi pada para juara, tapi tolong ditingkatkan lagi, karena yang juara nanti mewakili MTQ Korpri tingkat nasional di Kalteng, tingkatkan persiapannya,"tambahnya.

Kepada yang belum juara, Akhmad Jazuli meminta jangan kecewa karena pada hakekatnya MTQ Korpri untuk meningkatkan persaudaraan dan saling mengenal sesama anggota Korpri.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa kegiatan MTQ Korpri Tingkat Provinsi Jawa Timur sejumlah 410 orang yang mana 256 putra dan 154 putri. Dari total tersebut terdiri dari 234 orang perwakilan kabupaten/kota, 142 orang dari perangkat daerah dan 34 orang perwakilan Kementrian Agama Kabupaten/Kota atau instansi vertikal.

Terdapat tujuh belas cabang Musabaqoh yang dilombakan yakni Tilawah Al Qur’an, Tartil Al Qur’an, Hafalan Juz 30, Hafalan Surah Al Baqoroh, Surah Al Imron, Surah An Nisa, Hafdan, Dakwah Al Quran. Juga, Kaligrafi Dekorasi, Lukis Kontemporer, Digital Klasik, Digital Kompetorer, Makalah Ilmiah Al Qur’an, Lomba Doa, Adzan hingga lomba Khotbah Jumat.

Pelaksanaan MTQ Korpri Tingkat Provinsi Tahun 2023 diselenggarakan dalam satu tampilan langsung dan diambil dengan nilai tertinggi. Penampilan peserta diatur sesuai dengan jadwal berdasarkan nomor peserta. Hasil penilaian dewan hakim nantinya dapat dilihat langsung sesaat setelah peserta tampil..(mad)

#mtq