Selasa, 23 Juli 2024

KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Diunggah pada : 7 Juni 2023 10:56:52 28
Kegiatan anggota KSR PMI Unit UIN KHAS Jember saat menanam tanaman sambung darah.

Jatim Newsroom - Korp Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Islam Negeri KH Achmad Sidik  (UIN KHAS) Jember memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia cukup unik yaitu mengadakan acara Nandur Bareng (menanam bersama, Red). Yaitu dengan menanam bibit pohon di sekitar taman gumuk kampus UIN KHAS Jember, Selasa, 6 Juni 2023. Bibit pohon yang ditanam diantaranya Bunga Mawar Jambe, Bunga Suko, Bunga Bougenvile, dan Bunga Sambung Darah.

Dari rilis PMI Jatim, acara Nandur Bareng ini bertujuan untuk menginspirasi perubahan positif terhadap lingkungan hidup. Sekaligus menyadarkan mahasiswa tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Nandur Bareng ini diikuti oleh anggota KSR PMI dari berbagai generasi yaitu generasi 7, 8 dan 9 UIN KHAS Jember.

Nanda Mayang, selaku Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember menuturkan banyak manfaat dari pohon yang ditanam di gumuk kampus UIN KHAS Jember. "Bibit pohon-pohon yang ditanam ini nantinya selain dapat memperindah taman, juga bermanfaat bagi kehidupan," tutur Nanda Mayang.

Aderia Arum Sawitri Kabid Humas KSR PMI Unit UIN KHAS Jember menambahkan pihaknya telah koordinasi dengan pihak kampus. Khususnya dengan Humas dan Kabag umum UIN KHAS Jember terkait penyelenggaraan Acara Nandur Bareng ini. Dikatakannya, pihak kampus turut mensupport kegiatan ini dengan mengarahkan dan mengijinkan untuk menggunakan taman belakang sebagai tempat penanaman.

Pada pelaksanaannya, setiap anggota membawa dan menanam 1 bibit pohon ditempat yang telah disediakan.  Dikatakan Aderia beberapa bibit yang ditanam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. "Salah satu contoh manfaat dari tanaman Sambung Darah yang dapat mengobati sakit batuk, gatal-gatal," kata Aderia Arum Sawitri. (pno/hjr)

#pmi