Senin, 6 Mei 2024

KRI Karel Satsuit Tubun-354 Kawal KRI Bima Suci Masuki Perairan Indonesia

Diunggah pada : 19 Oktober 2023 1:37:54 75

Jatim Newsroom- KRI Bima Suci dalam melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2023 kini memasuki perairan Indonesia yang disambut KRI Karel Satsuit Tubun-354 unsur Satkor Koarmada II, bertempat di Perairan Sabang. Kamis (19/10/2023)

Kedua kapal perang itu melaksanakan Passing exercise (Passex) dengan melaksanakan beberapa serial latihan diantaranya Passing Exercise (Passex), Flashing Exercise (Flashex), Navigation and Communication Exercise (NAVCOMEX 204), serta Flaghoist (kibaran isyarat bendera). Selesai melaksanakan Passex, KRI Bima Suci melanjutkan pelayarannya menuju kota Belawan sedangkan KRI KST-354 melaksanakan operasi pengamanan perbatasan. 

Passex merupakan latihan untuk menyambut atau mengiringi KRI maupun kapal perang negara sahabat yang akan masuk maupun meninggalkan Laut Teritorial Indonesia. Selain itu, latihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan naluri tempur personel, serta menguji kesiapan operasional Alutsista KRI sekaligus sebagai wujud kehadiran TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara di perbatasan serta untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan prajurit TNI AL dalam melaksanakan tugas operasi.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, mengungkapkan, bila Passex bersama salah satu kapal perang yang sedang melaksanakan operasi ini merupakan salah satu bentuk pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi, yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. 

Ditempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan dalam program prioritasnya dalam mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, bahwa latihan adalah berguna untuk membangun kekuatan yang memiliki kesiagaan dan kesiapan tinggi. (hjr)

#Koarmada II #TNI AL