Minggu, 19 Mei 2024

Apel Gelar Pasukan, Prajurit dan Unsur Koarmada II Siap Laksanakan Latopslagab

Diunggah pada : 6 Mei 2024 19:17:35 44
Pangkoarmada RI Laksdya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., didampingi Pangkoarmada II selaku Wadirlat Opslagab Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, memimpin Apel Gelar Pasukan, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin (6/5/2024)

Jatim Newsroom- Dalam rangka memastikan kesiapan prajurit maupun unsur-unsur Koarmada II yang terlibat Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) TA. 2024, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., didampingi Pangkoarmada II selaku Wadirlat Opslagab Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, memimpin Apel Gelar Pasukan, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin (6/5/2024).

Adapun unsur-unsur Koarmada II yang terlibat yakni KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Kapak-625, KRI Halasan-630, KRI Singa-651, KRI Yos Sudarso-353, dan KRI Alugoro-405. Selain itu juga terdapat unsur dari Puspenerbal meliputi Heli HS 1303, Heli HS 1309, P-8306, Drone Scan Eagle, Drone TN-70, dan UT Monitoring.

Sementara untuk prajurit yang terlibat dalam Latopslagab meliputi prajurit Jalasena Koarmada II pengawak KRI dan senjata, prajurit Satkopaska Koarmada II, prajurit Dislambair Koarmada II, prajurit Diskes Koarmada II, serta prajurit Puspenerbal.

Latopslagab merupakan salah satu bentuk pembinaan, sekaligus wahana uji coba untuk mengukur kemampuan unsur-unsur dalam lingkup kerja sama taktis guna mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan merupakan sarana pengujian doktrin operasi sesuai fungsi satuan masing-masing mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pengakhiran.

Pangkoarmada RI selaku Dirlat Opslagab  menyampaikan bahwa pada Latopslagab tahun 2024 akan dilaksanakan penembakan senjata khusus untuk uji coba kemampuan sistem senjata yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut sekaligus mengasah kemampuan tempur personel pengawak alutsista yang dimiliki oleh TNI AL.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan, Pangkoarmada II bersama melepas keberangkatan prajurit, serta unsur-unsur yang tergabung dalam Latopslagab untuk menuju ke lokasi latihan yang telah ditentukan. (hjr)

#Koarmada II #pangkoarmada II