Sabtu, 22 Juni 2024

Komolib, Kota Mojokerto Library untuk Tingkatkan Literasi

Diunggah pada : 26 April 2024 12:13:27 44
Media Promosi Komolib di Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus berupaya meningkatkan literasi masyarakat melalui Komolib (Kota Mojokerto Library). Komolib adalah apilkasi perpustakaan digital milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Mojokerto. 

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (26/4/2024), melalui aplikasi berbasis digital tersebut, pengunjung bisa menjelajahi perpustakaan untuk membaca ribuan koleksi buku elektronik (e-book) dengan menggunakan gadget atau smartphone.

Masyarakat juga dimudahkan dalam mendaftar menjadi anggota perpustakaan dengan sistem self-service. Dispusip Kota Mojokerto menyediakan pelayanan pendaftaran anggota online, yakni dengan cukup mengirim data diri dan foto ke email perpus.moker21@gmail.com atau WhatsApp (WA) ke nomor 081231288916.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto, M. Ali Kuncoro menerangkan keberadaan Komolib ini mampu menjadikan perpustakaan hanya dalam genggaman. 

“Dengan menyediakan akses yang luas terhadap beragam koleksi buku dan sumber informasi lainnya, perpustakaan menjadi tempat yang strategis untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan literasi. Nah melalui Komolib ini pengunjung bisa membaca buku kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi secara online,” terang Mas Pj, sapaan akrabnya.

Mas Pj. mengatakan pentingnya kemampuan literasi, utamanya dalam membangun generasi bangsa yang cerdas untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Kemampuan literasi menjadi hal yang sangat penting untuk memulai peningkatan sumber daya manusia (SDM). Indonesia akan menjadi negara yang kuat pada tahun 2045 jika minat literasi ini dapat ditumbuhkan sejak usia dini.

“Literasi berperan dalam pembangunan, mencerdaskan kehidupan bangsa, menghadirkan sumber daya manusia unggul, berkualitas dan berdaya saing sehingga akan mendorong terwujudnya Indonesia Emas 2045,” ulasnya. (idc/s) 

#mojokerto #literasi #komolib