Kamis, 25 April 2024

Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto Raih Penghargaan Wiyata Darma Pratama Nasional

Diunggah pada : 8 November 2023 16:43:16 25
Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati, menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Wiyata Darma Pratama di Hotel Mercure Ancol, Jakarta. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Jatim Newsroom - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023. Penghargaan kategori Wiyata Darma Pratama ini diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Seperti dipublikasikan dalam rilis resmi Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Dalam kesempatan ini Bunda PAUD Nasional, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan tanya-jawab dengan Bunda PAUD dari daerah. Ia mengajak para Bunda PAUD untuk bersama-sama melaksanakan merdeka bermain bagi anak PAUD dan SD.

Adapun Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 ini merupakan bentuk terima kasih kepada Para Bunda PAUD yang telah turut menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

"Kemendikbudristek selama 4 tahun ini terus mendorong sistem pendidikan secara masif dan holistik, untuk mengubah proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan,” kata Mendikbudristek RI. 

Terdapat tiga target perubahan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, antara lain: Pertama, Satuan Pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 minggu pertama. Ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD.

"Mari menguatkan sinergi dan kolaborasi yang sudah terjalin dan terus melanjutkan gerakan ini. Bekal 6 kemampuan pondasi anak dapat dijadikan sebagai pembelajaran sepanjang hayat bagi mereka," tuturnya. (idc/s)

#mojokerto #PAUD #pendidikan anak usia dini