Sabtu, 4 Mei 2024

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto Siap Laksanakan Kegiatan Literasi

Diunggah pada : 20 Januari 2024 6:24:38 27
Workshop Literasi Pertanian Terpadu Berkemakmuran di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto didorong untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan literasi untuk menambah ilmu kepada masyarakat.

"Kalau dulu paradigmanya dinas perpustakaan dan kearsipan ini mengurus buku-buku perpustakaan. Dulu bayangannya seperti itu saja. Namun sekarang beda. Ternyata literasi itu tidak cukup berpengetahuan membaca tapi juga literasi terapan. Bagaimana kita punya pengetahuan untuk diaplikasikan," ujar Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (20/1/2024), Bupati Ikfina juga mendorong bagaimana caranya bisa tetap melaksanakan berbagai kegiatan literasi. Meskipun anggaran cukup terbatas, Ia ingin agar hal ini tidak menjadi penghalang. 

"Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan dengan kerja sama. Bisa melalui online, tidak diundang satu persatu. Siapapun monggo bisa ikut. Terutama bagi orang-orang yang memang kebutuhan untuk ilmu pengetahuan sangat tinggi. Mereka biasanya memang komitmen. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tugas pemerintah ini adalah bagaimana memfasilitasi, seperti kerjasama kita hari ini dengan Yayasan Bima Sakti," tambah bupati. 

Bupati Ikfina yang hadir dalam Workshop Literasi Pertanian Terpadu Berkemakmuran ini juga melakukam penandatanganan MOU dengan Yayasan Bima Sakti di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Ketua Yayasan Bima Sakti, Gilang Andi Pirayuda mengatakan, kegiatan ini kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Yayasan Bima Sakti Peduli Negeri. Andi menyebut ini sebagai kegiatan sosial pemberdayaan masyarakat, pelestarian kebudayaan, sekaligus pendidikan, serta tentunya literasi. 

"Saya sedikit menceritakan kepada ibu bupati bahwa yayasan ini berdiri sejak tahun 2021 dari CSR PT. Bima Sakti Multi Sinergi. Jadi kami ada CSR untuk membangun manifestasi area terpadu yang kita sebut Yayasan Bima Sakti Peduli Negeri. Yayasan ini sudah banyak mengadakan kegiatan-kegiatan. Kita banyak kegiatan pelatihan literasi entrepreneur, eco enzim, eco print dan juga cooking class. Kami sangat senang bisa berkolaborasi, bisa bersinergi dengan seluruh dinas-dinas Kabupaten Mojokerto," kata Andi. (idc/s)

#literasi #Kabupaten Mojokerto