Jumat, 3 Mei 2024

Perpustakaan Ramah Anak Sidoarjo, Bentuk Kolaborasi Tingkatkan Literasi

Diunggah pada : 2 Desember 2023 8:51:47 61
Meresmikan Perpustakaan Ramah Anak di SDN Ganting, Sidoarjo

Jatim Newsroom - Minat baca anak di tengah gempuran perkembangan teknologi digital menjadi salah satu perhatian utama para guru di Sidoarjo, termasuk SDN Ginting. Untuk itu, melalui kolaborasi dengan Wali Murid, LSM Mutiara Rindang, dan berbagai pihak di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, SDN Ginting meresmikan Perpustakaan Ramah Anak, Jumat (1/12/2023).  

Dalam Perpustakaan Ramah Anak ini, 200 lebih buku tersedia dengan kualitas sesuai jenjang peserta didik. Adapun aktivitas atau konsep yang digunakan adalah kegiatan membaca dan peminjaman buku, membaca bersama, membaca berpasangan, dan membaca mandiri. 

Ada jadwal kunjung ke setiap kelas untuk siswa meminjam. Kemudian mereka diminta membuat karya setelah selesai membaca satu buku, dengan gambar dan dibubuhi teks sesuai yang dibaca. 

Perpustakaan Ramah Anak ini dibangun untuk mendorong keinginan dan kebiasaan membaca serta memahami apa yang dibaca. Tentunya hal ini juga sebagai tonggak peningkatan literasi bagi anak-anak, khususnya di Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. 

Menurut Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Nanik Sumarviati, hal ini perlu dikembangkan bersama. Ia pun berharap para orang tua selalu mendampingi anak dalam membaca dan menanyakan tentang yang sudah dibaca oleh anak. "Kerja sama antara sekolah dan orang tua sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak khususnya melalui minat membaca," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Ganting M Kanafi menuturkan setelah gemar membaca, anak-anak diharapkan bisa mengimajinasikan karakter tokoh maupun karakter lingkungan sekitar dari apa yang sudah dibaca. "Sekaligus, bisa menjadikan siswa didik memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan seringnya membaca," terangnya. 

Turut hadir dalam peresmian Perpustakaan Ramah Anak antara lain Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Sidoarjo, Camat Gedangan, Kepala Puskesmas Ganting, Kepala Sekolah se-Kecamatan Gedangan, LSM Mutiara Rindang, Balai Bahasa, Pengawas Korwil, Kepala Desa Ganting, serta wali murid SDN Ganting. (mok/idc/hjr)

#sidoarjo #pendidikan #literasi #Pemda Sidoarjo #literasi digital #sekolah dasar #inovasi