Sabtu, 27 April 2024

Komisi D DPRD Jatim Harap Perusahaan dan Masyarakat Kelola Sampah Bersama

Diunggah pada : 6 Maret 2023 17:03:07 96
Anggota DPRD Jatim, Satib kunjungan kerja ke PT. Bumi Indus Padma Jaya di kabupaten Jombang. (Pca)

Jatim Newsroom – Guna meningkatkan kebersihan lingkungan khususnya terkait dengan pengelolaan sampah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur berharap adanya kemitraan antara perusahaan dan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

“Sebelumnya, DPRD Jawa Timur telah memiliki Perda RTRW, dimana amanah Perda itu pemerintah Jawa Timur diwajibkan untuk membangun pengelolaan sampah regional di kabupaten/kota. Salah satunya, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kediri, Probolinggo, Malang Raya termasuk juga Gresik dan Sidoarjo,” kata anggota Komisi D DPRD Jawa Timur, Satib dikonfirmasi, Senin (6/3/2023).

Pandangan Satib ini terkait dengan kunjungan kerja ke PT. Bumi Indus Padma Jaya di kabupaten Jombang, yang dilakukan Jum’at (3/3/2023) kemarin. Berdasarkan hasil kunjungan tersebut, Satib mengungkapkan, berdasarkan Perpres nomor 80 tahun 2019 mengenai Percepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Timur termasuk salah satunya mendorong percepatan pembangunan TPA regional.

Untuk itu, dia menyatakan dukungannya terhadap upaya pengelolaan daur ulang sampah oleh PT. Bumi Indus Padma Jaya ini. Menurutnya ini sejalan dengan Perda yang diperjuangkan oleh DPRD Jawa Timur dan juga perundangan yang telah ada.

“Kami sangat support sekali dengan pengelolaan daur ulang sampah ini, karena ini juga bagian yang sedang kita perjuangkan di dalam Perda. Seperti yang kita ketahui sampah di Jawa Timur sudah menumpuk sekali sedangkan berdasarkan data 14% nya adalah plastik maka ini benar-benar diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan sampah di Jawa Timur,”ujarnya.

Sehingga, dia mengharapkan keberadaan pabrik tersebut akan terjalin kemitraan supaya nantinya dapat melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap masyrakat terkait mengendalikan jumlah sampah di Jawa Timur.

Satib berharap ke depannya masyarakat Jawa Timur memiliki kesadaran mengenai pengelolaan sampah bukan hanya pengelolaan daur ulang sampah tapi kesadaran meminimalisir sampah plastik pribadi. “Kita ingin masyarakat ini kita ajari peduli sampah. Jadi permasalahannya kita selesaikan dari hulu ke hilir, salah satunya sampah dari rumah tangga. Kita bina, kita beri pengetahuan pentingnya perduli sampah dan cara mengelola daur ulang sampah,” lanjut Satib.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur, Hidayat juga mengapresiasi upaya pengelolaan daur ulang sampah plastik yang dilakukan PT. Bumi Indus Padma Jaya di Kabupaten Jombang. Pabrik yang baru diresmikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Ferbruari lalu ini menjadi milestone yang akan membantu mengurangi sampah yang ada di masyarakat, khususnya sampah plastik.

“Kami datang ingin melihat langsung prosesnya. Ini sangat kami apresiasi betul karena kita sama-sama tahu betul sampah di Jawa Timur ini sudah menumpuk banyak sekali. Jadi upaya ini sangat dapat membantu mengurangi permasalahan tumpukan sampah plastik di Jawa Timur,”pungkasnya. (Pca/hjr)

 

#dprd jatim