Jumat, 26 April 2024

Kokeshi Jatim Japan Matsuri Digelar, Kerjasama Pemprov Jatim - Koba Group

Diunggah pada : 10 September 2022 16:15:34 372
foto bersama Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagjo bersama Kenichi Takeyama Konsul Jendral Jepang, Dai Kawasaki-San CEO Vital Corporation Jepang, Lisa Heriyati Dirut PT Takumi Koba Indonesia, Budi Raharjo Kabid Disnakertrans Jatim dan Ka UPT P2TK Surabaya Purwanti Utami.

Jatim Newsroom - Kokeshi Japan Jatim Matsuri digelar di Surabaya. Acara yang diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur dan Koba Group ini dibuka Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagjo di Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Surabaya Disnakertrans Jatim, Sabtu (10/9/2022). Pada kesempatan ini sekaligus diresmikan pula Japan Training Center Jawa Timur.

Usai membuka acara, Himawan Estu Bagjo, menyampaikan, salah satu upaya Jatim dalam meningkatkan peluang kerja di sektor formal adalah dengan ditandatanginya perjanjian kerjasama antara Disnakertrans Provinsi Jatim bersama PT. Takumi Koba Indonesia 21 juli 2021 lalu.

Hal ini dilatarbelakangi adanya tenaga kerja asal Jatim  yang bekerja di luar negeri masih dominan bekerja di sektor domestik. Oleh karena itu secara bertahap pemerintah terus berupaya meningkatkan peluang kerja di sektor formal.  

Perjanjian dengan PT Takumi Koba Indonesia ini merintis kerjasama fasilitasi informasi peluang kerja dan peningkatan kualitas tenaga kerja calon PMI melalui Program Specified Skilled Worker (SSW) ke Jepang.

Menurut Himawan, kerjasama ini menjadi tonggak awal dan sejarah baru yang menunjukkan sinergi pemerintah dengan swasta dalam upaya mengisi peluang kerja, yang kini tercatat sebanyak 345.140 orang di 14 sektor di Jepang.

Kerjasama ini juga menjadi momentum yang sangat strategis. Sebab, Kata Himawan, selain untuk mengubah image bekerja ke luar negeri yang cenderung dilihat dari sektor domestik, dengan makin banyaknya peluang kerja di sektor formal juga mendorong peran serta Disnaker kab/kota dan BLK untuk menyediakan informasi dan pelatihan kerja. Bahkan dapat menjadi wadah kelanjutan karir eks peserta magang Jepang asal Jatim.

"Pada kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Provinsi Jatim mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas hadirnya peluang kerja ke Jepang melalui program SSW yang diinisiasi oleh PT Takumi Koba Indonesia," tutur Himawan.

Ia juga berharap keberadaan ”Japan Training Center” dapat membantu mewujudkan komitmen Jatim untuk memperbesar peluang kerja ke luar negeri di sektor formal. Melalui penempatan di sektor formal, prinsip perlindungan terhadap PMI juga diharapkan dapat semakin berjalan optimal.

"Upaya tersebut sudah tentu selaras dengan program ”Jatim Migrant Care” kami, dimana perlindungan terhadap PMI bersifat terintegrasi, dan dimulai dari hulu," terang Himawan.

Sebagai informasi, pada kegiatan Kokeshi Japan Jatim Matsuri ini beberapa kesenian Jepang ditampilkan. Kesenian tersebut antara lain Omikoshi, U-maku Eisa Shinka Indonesia, Bon Odori, Reog, Taiko Unesa, Aozora Yosakoi Untag, Soran Bushi Hanami, Sakura Dance Hanami, Kenjutsu, Pencak Silat PSHT.

Selain itu ada juga penampilan Nichi Acoustic, Meli n Friends, Baby Metal Surabaya dan HT-One yang akan menampilkan lagu-lagu Jepang. Tidak kalah seru juga ada penampilan Coswalk & Cosplay Competition serta Lomba Makan Ramen, Karaoke, Pidato Bahasa Jepang. Ada juga Workshop Origami dan Shodo.

Acara ini gratis tanpa dipungut biaya. Adapun tempat acaranya dilangsungkan di UPT P2TK Disnakertrans Jatim Jl Bendul Merisi No.2, Jagir, Wonokromo, Surabaya dan berlangsung dua hari, yaitu pada 10 -11 September 2022.

Ceo Vital Corporation - Jepang, Dai Kawasakisan, mengatakan, orang Jepang beranggapan kalau tidak ada omikoshi (Miniatur kuil yang merupakan simbol kendaraan terbaik dari para Dewa Shinto,red) maka bukan sebuah matsuri (perayaan/festival).

"Oleh karena itu kali ini datang di hadapan kita semua tim Omikoshi dari Jakarta, dan ini merupakan yang pertama kalinya omikoshi datang dari Jakarta ke daerah (Surabaya). Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kita semua," ujarnya.

"Tentu kami akan sangat senang jika hadirin dapat menikmatinya bersama.  Selain itu, kami juga berharap akan semakin banyak orang yang suka Jepang dengan mengenal budaya Jepang, Silakan hadirin sekalian menikmati festival Jepang pertama di Surabaya," imbuh Dai Kwasaki. (her/s)

#disnakertrans