Kamis, 18 Juli 2024

Jemput Bola Peserta KKIN, BPVP Sidoarjo Kunjungi BLK Mojokerto

Diunggah pada : 3 April 2024 15:41:29 50

Jatim Newsroom - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Direktorat Bina Instruktur dan Tenaga Kepelatihan pada Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan di Sidoarjo melakukan kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah binaannya. Hal ini guna menjaring instruktur yang akan ikut dalam kompetisi dua tahunan yaitu Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) 2024. 

Ditemui oleh Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran BLK Mojokerto, Suratman, Rabu (3/4/2024) dan beberapa instruktur, dua orang dari BPVP Sidoarjo Ilham Mochammad Julandika dan Irene Kusuma Palmarani menyampaikan bahwa sosialisasi pelaksanaan KKIN baik tingkat regional maupun tingkat nasional sekaligus mendata instruktur akan berpartisipasi dalam KKIN.

Dalam paparan dan diskusi dengan BLK Mojokerto, BPVP Sidoarjo menginformasikan bahwa untuk KKIN Regional Wilayah Barat 3 meliputi BPVP Sidoarjo, BPVP Banyuwangi, BPVP Pangkep (Sulawesi Selatan), dan BPVP Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat) akan dilaksanakan di BPVP Sidoarjo sebagai tuan rumahnya. Direncanakan KKIN di BPVP Sidoarjo selama empat hari tanggal 3-7 Juni 2024 nanti.

Pada KKIN regional ini akan dicari juara 1 dan 2 pada setiap program yang dikompetisikan. Juara 1 dan 2 regional inilah yang nanti akan maju ke KKIN nasional di Sorong, Papua pada Agustus mendatang. Hadiah KKIN yang bertema "Melalui Kompetisi Kita Siapkan Instruktur Pencetak Generasi Emas Indonesia yang Kompeten" ini cukup lumayan. Untuk juara KKIN regional juara 1 sebesar 5 juta, juara 2 sebesar 3,5 juta dan juara 3 sebesar 1,5 juta. Sedangkan juara 1, 2 dan 3 pada KKIN tingkat nasional masing-masing 10 juta, 7,5 juta, dan  5 juta. 

Untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan KKIN tahun ini, BLK Mojokerto rencana akan menyertakan beberapa instruktur dari beberapa program pelatihan. Diantara instruktur yang hingga saat ini sudah berniat ikut adalah Eri Winardi (Las), Armadani Navyanto (CAD), Silvi Eka Susanty (Desain Grafis), Suharnanik (Tata Busana).

Kepala BLK Mojokerto Sri Andayani, SE mengungkapkan bahwa sangat mendukung instruktur mengikuti ajang KKIN sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi, menambah pengalaman, dan meluaskan jaringan profesi serta kerjasama antar-instruktur dengan lembaga pelatihan di tingkat regional maupun nasional. Diharapkan tidak hanya empat orang saja yang ikut KKIN dari BLK Mojokerto, tapi lebih banyak lagi berikutnya. Selamat berkompetisi untuk para instruktur di KKIN tahun ini. Semoga sukses!(her)

#disnakertrans