Jumat, 20 September 2024

Ketua Umum KONI Pusat Harapkan PON XXI/2024 Lahirkan Atlet untuk Tim Nasional

Diunggah pada : 15 September 2024 13:16:13 159
Ketua Umum KONI Pusat Harapkan PON XXI/2024 Lahirkan Atlet Bertalenta untuk Tim Nasional. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, berharap terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) dapat melahirkan atlet-atlet berbakat yang bisa memperkuat tim nasional Indonesia. 



Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Minggu (15/9/2024), Marciano melanjutkan, PON adalah ajang yang sangat penting dalam pembinaan atlet di tingkat daerah. "Saya berharap PON ini akan melahirkan atlet-atlet yang punya talenta dan bisa mengisi tim nasional Indonesia," ujarnya di Sumatra Utara.



Ia juga menekankan pentingnya peran PON dalam mengembangkan atlet dari seluruh daerah di Indonesia. Marciano menambahkan atlet-atlet yang telah membawa nama baik daerahnya dalam ajang PON diharapkan menjadi tulang punggung tim nasional.



"Seluruh atlet di tim nasional Indonesia itu idealnya adalah mereka yang pernah membawa nama baik daerahnya pada ajang PON," tambahnya.



Selain itu, Marciano mengapresiasi upaya berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan PON, termasuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Ia berharap kolaborasi antara KONI dan PSSI akan semakin memperkuat fondasi olahraga di tanah air.



“Terima kasih pada PSSI dan saya berharap atlet-atlet ini ke depan akan berkembang dan membuat kita semua bangga,” ucap Marciano.

 

Menurutnya, kerja sama yang baik antara KONI dan PSSI akan sangat membantu dalam menciptakan prestasi yang gemilang di berbagai cabang olahraga, terutama sepak bola.



Marciano juga menekankan pentingnya pembinaan jangka panjang bagi para atlet, baik di tingkat daerah maupun nasional. Ia berharap agar sistem pembinaan di Indonesia terus berkembang dan mampu melahirkan atlet-atlet kelas dunia.



Ia optimistis dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, Indonesia akan semakin disegani di kancah olahraga internasional. "Jika pembinaan berjalan baik, bukan tidak mungkin kita akan memiliki tim nasional yang tangguh dan disegani di kancah internasional," ujarnya.



Di sisi lain, Marciano menilai ajang seperti PON juga berperan dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semangat tersebut, Marciano Norman berharap agar PON kali ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga momentum untuk mempersatukan bangsa melalui prestasi olahraga. (idc/hjr)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional