Sabtu, 20 Juli 2024

Ketua Asosiasi Korea Jatim : Perusahaan di Korsel Butuh Keahlian Las FCAW

Diunggah pada : 22 Mei 2023 21:16:27 132
Consular Asisstant Embassy of the Republic of Korea Head of Korean Association East Java, Mr Lee Kyeong Youn saat memberikan sambutan saat pembukaan Pelatihan kejuruan Las Las FCAW (Flux Core Arc Welding).

Jatim Newsroom - Banyaknya perusahaan di Korsel yang membutuhkan keahlian Las FCAW (Flux Core Arc Welding) diungkapkan Consular Asisstant Embassy of the Republic of Korea, Head of Korean Association East Java, Mr Lee Kyeong Youn, saat melihat peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di UPT BLK Surabaya, Selasa (23/5/2023).

"Seperti di perusahaan Samsung, Daewoo, dan lainnya banyak yang memerlukan pekerja dengan keahlian Las FCAW ini. Dan saya melihat pekerja asal Jatim memiliki potensi untuk mengisi peluang tersebut, " katanya.

Untuk itulah, Mr Lee mengatakan, dirinya berharap banyak pekerja asal Jawa Timur yang bisa terserap di Korea Selatan. "Attitude pekerja Jatim sangat bagus dan sangat sopan. Saya suka hal tersebut," tuturnya.

Kepala UPT BLK Surabaya, Sunarya, mengatakan, kalau di Jatim banyak lulusan Las FSAW namun ternyata yang dibutuhkan saat ini adalah Las FCAW, maka diharapkan bagi lulusan FSAW bisa mengupgrade keahlian menjadi FCAW.

Bahkan UPT BLK Surabaya juga berencana mengusulkan adanya penambahan peralatan seperti Las FCAW agar bisa menghasilkan lulusan CPMI yang bisa menggaet peluang yang ada di luar negeri seperti di Korea Selatan ini.

Sebaagi ifnromasi, para peserta PBK di UPT BLK Surabaya merupakan calon pekerja migran Indonesia  dengan pelatihan berbasis kompetensi berjumlah satu paket. Bagi peserta yang memenuhi standar kompetensi  yang telah ditentukan dalam pelatihan ini akan diberikan sertifikat pelatihan berbasis kompetensi dari UPT BLK  Surabaya sekaligus mengikuti uji kompetensi sertifikasi oleh BNSP. (her/s)

#disnakertrans