Jumat, 17 Mei 2024

Kemenkominfo Gelar Pelatihan Kelas Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO

Diunggah pada : 5 Maret 2024 17:05:00 31
Redaktur Pelaksana InfoPublik, Moh. Taufik Rauf saat memaparkan materinya dalam kelas pelatihan Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO, di Trans Convention Centre, Kota Bandung, pada Selasa (5/3/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom – Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kemenkominfo) kembali menggelar pelatihan jurnalistik ‘Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom’ – JARKOM di tahun 2024 ini. Dalam kegiatan tersebut, salah satu pelatihan yang diberikan adalah kelas Jurnalisme Pemerintah Ramah Search Engine Optimization (SEO). 

Pelatihan yang berlangsung di Trans Convention Centre, Kota Bandung, pada Selasa (5/3/2024) tersebut, diikuti sejumlah 61 peserta yang merupakan para pranata humas dan jurnalis Dinas Kominfo seluruh Indonesia. Peserta pelatihan mendapat materi tentang menulis berita menarik untuk dibaca yang banyak muncul di pencarian internet melalui SEO. Hadir menjadi pembicara dalam kelas pelatihan, Redaktur Pelaksana InfoPublik, Moh. Taufik Rauf, dan seorang Praktisi SEO, Jufri. 

Saat ditemui usai memaparkan materinya, Taufik Rauf menyampaikan, judul materi yang Ia jelaskan kepada peserta adalah ‘Jurnalisme Pemerintahan Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan’. Diterangkannya, materi tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi jaringan antara Kemenkominfo dengan Dinas Kominfo di seluruh Indonesia. 

“Kementerian Kominfo di sini berperan menjadi konduktor dalam pengelolaan komunikasi publik, supaya informasi-informasi yang dipublikasikan menjadi informasi sehat dan membangun,” jelas Rauf. 

Lebih lanjut, Rauf menerangkan, supaya informasi para jurnalis yang disampaikan itu membangun dan mencerdaskan masyarakat, maka perlu kerja para humas untuk melakukan penyampaian program-program pemerintah dengan gaya jurnalistik yang menarik. 

“Supaya informasi yang dihasilkan menjadi pilihan bacaan masyarakat di tengah banjirnya informasi-informasi berita yang simpang siur. Kita sebagai humas pemerintah kan punya tanggung jawab meluruskan informasi-informasi itu menjadi pemahaman yang utuh bagi masyarakat untuk lebih mudah dipahami dari beragam isu,” terangnya. 

Rauf mengimbau, hal-hal yang menjadi isu hangat di sekitar masyarakat, bisa disampaikan dengan bahasa yang baik dan benar, supaya  masyarakat dapat tercerdaskan dengan informasi tersebut. 

“Karena kita terlibat dalam pengelolaan komunikasi, kerja kita sehari-hari memang menulis. Dan alangkah bermanfaatnya ketika tulisan kita tidak hanya menjadi konsumsi media sosial pribadi, tapi juga bisa menjadi konsumsi masyarakat karena ada nilai lebih yang bisa diambil dari informasi yang kita berikan,” imbaunya. 

Oleh karena itu, kepada seluruh peserta pelatihan Rauf mengajak, supaya terus bersama-sama berkomitmen membuat berita maupun konten informasi bermanfaat untuk mencerdaskan masyarakat dalam berkomunikasi. “Supaya ruang publik menjadi sehat dengan informasi-informasi yang positif,” pungkas Rauf. 

Diketahui, dalam Jarkom kali ini, Ditjen IKP Kemenkominfo juga mengadakan kelas pelatihan lainnya, yakni jurnalisme data, mobile journalism, dan media relations. Selain itu, kegiatan Jarkom ini merupakan juga rangkaian dari acara Anugerah Media Center (AMC) 2024. (vin/s) 

#kemenkominfo #Ditjen IKP Kemenkominfo #Jarkom #SEO