Rabu, 1 Mei 2024

Kasal Tinjau Submarine Training Center Koarmada II

Diunggah pada : 20 April 2022 15:37:41 165
Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono saat meninjau Submarine Training Center Koarmada II

Jatim Newsroom-Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono meninjau Submarine Training Center (STC) tempat mencetak awak Kapal Selam  di Komado Latihan (Kolat) Koarmada II Surabaya, Rabu. (20/4/2022).

Setelah tiba di Kolat Koarmada II, Kasal diterima Komandan Kolat Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi dilanjutkan menerima paparan dari Komandan Satuan Kapal. Selam Koarmada II Kolonel Laut (P) Widya Purwandanu mengenai STC  yang merupakan tempat mencetak prajurit awak Kapal Selam agar lebih profesional.

Selesai menerima paparan, Kasal meninjaui fasilitas yang terdapat di SCT diantaranya Submarine Control Simulator (SCS), Submarine Command Team Trainer (SCTT), Machinery Propulsion Control Simulator (MPCS) dan Fire & Damage Control Simulator (FDCS). Kasal juga berkesempatan untuk mencoba mengawaki simulator operator sonar Kapal Selam yang terdapat pada SCTT.

SCT yang berada di Kolat Koarmada II ini merupakan pusat pelatihan awak kapal selam terpadu yang di dalamnya terdiri dari berbagai jenis fasilitas simulator dengan tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme ABK Kapal Selam guna mendukung TNI AL yang handal dan disegani. 

Sedangkan SCS merupakan peralatan simulator pelatihan awak kapal selam yang bertugas di Ruang Kontrol Teknis (RKT) untuk melatih personel dalam olah gerak teknis dan taktis kapal selam sesuai prosedur standar dan kedaruratan. 

Simulator lainya adalah  SCTT merupakan simulator CIC (Combat Information Center) kapal selam yang dilengkapi dengan sensor (Periskop, Sonar, Radar & CMS) untuk melatih tim CIC/PIT melaksanakan analisa target, taktik periskop, simulator sonar, penembakan torpedo dan melatih taktik peperangan AKPA (Anti Kapal Permukaan) dan AKS (Anti Kapal Selam). 

Sementara FDCS merupakan simulator bagi awak kapal selam untuk memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan kebocoran di kapal selam. Selanjutnya MPCS merupakan sarana atau fasilitas yang digunakan untuk melatih awak kapal selam dlm mengoperasikan peralatan utama bagian permesinan dan sistem pendorongan. 

Dalam peninjauan Kasal berharap dengan adanya simulator kapal selam ini akan membantu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme individu maupun teamwork, juga sebagai sarana untuk memfasilitasi pelatihan awak kapal selam yang sedang tidak melaksanakan operasi pelayaran. 

Menurut Kasal dengan kemampuan yang semakin terasah dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada, maka pencapain keprofesionalan prajurit akan tercapai.

Selain Pangkoarmada II, turut mendampingi Kasal antara lain Ibu Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Dankodiklatal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Askomlek Kasal, Pangkoarmada II,  Kadissadal, Danpuskopaska, Kas Koarmada II, Danlantamal V, Dansatlinlamil, dan Para  Pejabat Utama Koarmada II.(hjr)

#Koarmada II #Kasal #kapal selam