Sabtu, 4 Mei 2024

Karang Taruna di Kabupaten Mojokerto Diharapkan Jadi Pelopor Pengambangan Potensi Desa

Diunggah pada : 7 Desember 2022 11:02:32 108
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, berkesempatan menjadi pemateri dalam kegiatan Pembinaan Pengurus Karang Taruna Desa/Kelurahan se- Kecamatan Gondang, Pacet dan Trawas. Kali ini, pembinaan berlangsung di gedung Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Selasa (6/12/2022).

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyampaikan harapannya agar Karang Taruna bisa menjadi pelopor dalam mengembangkan potensi desa masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Ikfina, bahwa Karang Taruna desa setidaknya mampu membaca potensi di wilayah masing-masing yang bisa dikembangkan.“Bagaimana kita bisa menilai potensi apa yang bisa kita kembangkan, sehingga menjadi sumber dan penggerak roda perekonomian,”imbaunya.

Bupati Ikfina meminta Karang Taruna agar berperan aktif dan menjadi inisiator memunculkan gagasan yang bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat di Kabupaten Mojokerto. Ia menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto mempunyai plot anggaran dalam APBD untuk membiayai kegiatan-kegiatan positif tersebut.

“Karena Karang Taruna ini di bawah naungan Kementerian Sosial RI, itu diatur dalam Permensos RI. Sehingga mari sama-sama melakukan riset potensi di wilayah masing-masing, nantinya gagasan apa yang tercetus akan kami seleksi, mana yang layak untuk dibiayai dengan APBD,”ungkap Bupati Ikfina.

Melalui kegiatan pembinaan ini, Bupati Ikfina juga berharap seluruh Karang Taruna di Kabupaten Mojokerto bisa terus berproses untuk menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi lingkungan, bangsa dan negara. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Karangtaruna #karang taruna