Sabtu, 4 Mei 2024

Bupati Mojokerto: Karang Taruna Jadi Penentu Bonus Demografi di Tahun 2035

Diunggah pada : 30 Desember 2023 6:16:36 32
Ngobrol Pintar (Ngopi) Karang Taruna Bareng Bupati Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyebut karang taruna menjadi penentu bonus demografi di tahun 2035. Ia juga berharap jumlah pemuda yang lebih banyak dari orang tua itu bisa membawa manfaat positif.

"Prediksi tahun 2035 usia produktif ini semakin menyusut, dibanding usia yang sudah tidak produktif. Maka ketika sekarang ini di tahun 2023 kita itu masih punya pemuda-pemuda yang jumlahnya lebih banyak. Ini harus bisa dimanfaatkan dengan positif," terang Bupati Ikfina, dalam acara Ngobrol Pintar (Ngopi) Karang Taruna Bareng Bupati Mojokerto, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Pemkab Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (30/12/2023), Bupati Ikfina menerangkan peran pemuda pada saat ini adalah salah satu penentu dampak positif atau negatif dari bonus demografi.

"Kalau pemudanya sudah yakin artinya kita pemerintah daerah akan mudah untuk mengajak dan memfasilitasi bagaimana agar bonus demografi ini memberikan manfaat bagi sekitar," ujarnya.

Ia juga berharap bonus demografi ini bisa berdampak positif terhadap sekitar. Mengingat karang taruna di tahun 2023 ini merupakan bagian dominan dari angkatan kerja produktif.

"Bonus demografi ini mari kita isi dengan hal positif dan produktif. Sehingga kelompok produktif ini tidak menjadi beban bagi negara. Justru sebaliknya, ini bisa menjadi sumber daya manusia yang produktif," pungkasnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #karang taruna