Minggu, 2 Oktober 2022

Kadinsos Jatim : Donor Darah Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial

Diunggah pada : 11 Agustus 2022 14:59:55 691
Ketua DWP Dinsos Jatim, Fentin Alwi bersama Pengurus DWP Dinsos Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Sosial Jawa Timur mengadakan kegiatan Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, di halaman Dinsos Jatim, Kamis (11/8/2021). 

Selain untuk  meningkatkan kepedulian social, kegiatan donor darah ini juga untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Kadinsos Jatim, Alwi, mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin Dinsos Jatim, dalam setahun Dinsos Jatim melaksanakan 3-4 kali mengadakan donor darah yang merupakan bagian dari wujud kepedulian terhadap sesama dengan harapan dapat berguna bagi yang membutuhkan.

Simbol semangat perjuangan dan patriotrisme yang ditanamkan oleh para pejuang dalam berbagai bentuk, salah satunya melalui kegiatan donor darah yang merupakan salah satu program kemanusiaan,

Abah Alwi panggilan akrab dari Kadinsos Jatim ini, mengatakan, target panitia 150 pendonor darah bisa terpenuhi. "Ada beberapa peserta yang tidak lolos untuk bisa mendonorkan darahnya karena beberapa factor seperti HBnya dan tensi darahnya tinggi tidak di perkenankan ikut donor darah,” ujar abah Alwi. 

Bagi pendonor bisa menyumbang darahnya satu kantong darah saja dapat menyelamatkan nyawa."Maka jika kita tidak memiliki apa-apa untuk menolong seseorang, maka kita memiliki darah yang bisa kita donorkan," sambungnya.

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT RI ini merupakan salah satu bentuk kontribusi sosial yang rutin dilakukan dalam rangka kegiatan sosial, "Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini, kita dapat meningkatkan perasaan empati terhadap sesama. Melihat diluar sana masih banyak darah yang dibutuhkan," Pungkas Abah Alwi.

Sementara itu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim selalu mendukung penuh kegiatan kedinasan Dinsos Provinsi Jatim. Termasuk saat penyelenggaraan donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), hari ini.

Ketua DWP Dinsos Jatim, Fentin Alwi, mengatakan bahwa pihaknya menggerakkan semua anggota DWP Dinsos Jatim, baik di dinas maupun UPT untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. “Saya selalu mengikutsertakan DWP Dinsos Jatim dalam kegiatan kedinasan, karena DWP berada di bawah naungan Dinsos Jatim, apalagi Kepala Dinsos Jatim,  pak Alwi  merupakan Pembina DWP. Dengan keikutsertaan DWP dalam kegiatan kedinasan Dinsos Jatim, saya ingin menciptakan kebersamaan antara DWP, Dinsos Jatim, beserta staf,” kata Bunda Fentin, sapaan akrabnya. (her/s)

#dinsos