Minggu, 19 Mei 2024

Kabupaten Mojokerto Pasang Target Three Zero 2030 untuk HIV/AIDS

Diunggah pada : 6 Desember 2023 15:42:37 31
Sosialisasi pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS dengan Target Three Zero tahun 2030, di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus melakukan upaya pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS dengan Target Three Zero tahun 2030. Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (6/12/2023), program tersebut memasang target, pada tahun 2030 tercapai nol penyintas baru, nol kematian akibat HIV/AIDS, dan nol stigma serta diskriminasi akibat HIV/AIDS.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, penyakit HIV/AIDS ini bukanlah hal yang baru bagi dirinya. Ia mengaku pernah fokus menangani penyakit ini saat menjadi Ketua Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Mojokerto.

"Saat itu berupaya bagaimana bisa melalui pokja 4, punya pokja peduli HIV / AIDS. Tujuannya untuk melindungi kelompok rentan berisiko tertular dari orang-orang yang dia tidak bayangkan sekali kalau orang itu bisa menularkan HIV/AIDS," ungkapnya.

Bupati Ikfina pun mengajak untuk menyosialisasikan penyakit HIV/AIDS ini kepada masyarakat agar tetap waspada.

"Salah satu cara yang bisa membantu menghentikan atau mengerem penyebaran penyakit ini yakni dengan mendorong seorang laki-laki berhubungan seksual dengan istri sahnya begitupun juga sebaliknya," ucapnya.

Ia pun menekankan pentingnya pencegahan. Menurutnya, pencegahan merupakan bentuk terbaik untuk menekan penyebaran penyakit ini.

"Bagaimana ketika sudah terjangkit mau tidak mau hiduplah dengan antivirus karena dengan antivirus ini bisa mencegah penularan kepada yang lainnya," tuturnya dalam acara yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan ini. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #penyakit HIV/AIDS