Selasa, 23 Juli 2024

Kabupaten Mojokerto Jadikan HKN ke-59 sebagai Momentum Percepat Penurunan Stunting

Diunggah pada : 6 Desember 2023 18:07:28 25
Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Kabupaten Mojokerto menjadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 bertema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” sebagai momentum untuk mempercepat program penurunan stunting. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (6/12/2023), dalam peringatan HKN tahun 2023 ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen terhadap program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Mojokerto. 

Penandatanganan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dengan lembaga pendidikan kesehatan, seperti Stikes Majapahit, Stikes Dian Husada, dan Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto. Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengawali penandatanganan komitmen bersama tersebut.

Bupati Ikfina mengatakan, selain memperingati HKN, juga dilakukan sosialisasi Skrining Layak Hamil, ANC, dan Stunting. Hal tersebut agar dapat membantu mendeteksi penyakit, kondisi medis, atau faktor risiko lain yang mungkin timbul selama kehamilan, sehingga dapat menjalani kehamilan dan persalinan yang sehat dan selamat serta memperoleh bayi yang sehat.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menyampaikan, saat ini Indonesia sedang mengalami periode bonus demografi. Peluang atau kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya ketika jumlah penduduk usia produktif meningkat, maka jumlah potensial tenaga kerja dalam suatu perekonomian juga akan meningkat.

"Sehingga diharapkan Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045. Masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu," tuturnya. (idc/s)

#stunting #kesehatan #Kabupaten Mojokerto #Hari Kesehatan Nasional