Minggu, 19 Mei 2024

Kabupaten Mojokerto Gelar Sosialisasi UU Keinsiyuran dan Keselamatan Kerja Konstruksi

Diunggah pada : 15 November 2023 16:04:16 12
Sosialisasi Undang-undang Keinsinyuran dan kebijakan pemerintah tentang keselamatan kerja konstruksi. Sosialisasi ini berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar sosialisasi Undang-undang Keinsinyuran dan kebijakan pemerintah tentang keselamatan kerja konstruksi. Sosialisasi ini berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Rabu (15/11/2023) yang dibuka oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Bupati Ikfina menyampaikan, keselamatan kerja K3 sangatlah penting, terlebih di bidang konstruksi. Kebijakan ini tentunya sangat berpengaruh dalam mewujudkan keselamatan kerja dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. 

"Bidang konstruksi ini sangat berisiko, karena pekerjaan di bidang ini pastinya menggunakan alat-alat besar dan berat. Risiko keselamatan juga wajib sekali untuk diperhatikan," ungkapnya melalui rilis humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto.  

Bupati Ikfina menerangkan beberapa peraturan mengatur seorang Insinyur harus mempunyai sertifikat profesi dalam menjalankan kegiatan keinsinyurannya. 

Adapun istilah keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. 

Keselamatan konstruksi adalah segala kegiatan keteknikan untuk mendukung pekerjaan konstruksi dalam mewujudkan pemenuhan standar keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan (K4) yang menjamin keselamatan keteknikan konstruksi, keselamatan dan Kesehatan tenaga kerja, keselamatan publik dan lingkungan.

Melalui kegiatan ini, Bupati Ikfina berharap ASN maupun pihak swasta yang telah mengetahui UU Keinsinyuran dan kebijakan pemerintah tentang keselamatan kerja K3 konstruksi ini bisa menerapkan peraturan tersebut dan membawa manfaat positif untuk berbagai pihak. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #Undang-undang Keinsinyuran #keselamatan kerja