Senin, 6 Mei 2024

Juara Umum Catur Porprov Jatim VIII/2023 Milik Sidoarjo

Diunggah pada : 15 September 2023 21:57:20 375
Foto: KONI Jatim

Jatim Newsroom - Persaingan sengit terjadi pada cabang olahraga (cabor) catur di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023 Jawa Timur. Sebaran medali emas cabor catur di pesta olahraga dua tahunan kali ini merata.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Catur Porprov VIII/2023 Jatim, Junaidi Harahap, membenarkan bahwa persaingan catur kali ini sangat sengit. Menurutnya, ada dua kota/kabupaten yang berpeluang menjadi juara umum, meski Kota Malang memimpin dengan 2 medali emas.

“Sebelumnya, ada dua kota/kabupaten yang bisa menjadi juara umum cabor catur di Porprov kali ini. Antara Sidoarjo dan Bangkalan. Mereka mengirimkan masing-masing tiga pecatur di babak final nomor terakhir, sementara Kota Malang tidak memiliki wakil,” ujar Junaidi Harahap ketika ditemui di Arayanna Hotel & Resort, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (15/9/2023).

Terbukti, dengan perolehan 15 poin, Sidoarjo berhasil mengamankan gelar juara umum cabor catur pada Porprov VIII Jatim. Para pecatur Sidoarjo menyumbangkan 1 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Satu-satunya emas Sidoarjo dipersembahkan oleh Ananda Astri Harono yang turun di nomor Perorangan Putri Standar/Klasik yang berakhir petang ini.

Hasil ini membuat Sidoarjo menjadi raja catur di Porprov Jatim selama tiga kali beruntun. Masing-masing pada Porprov VI/2019, Porprov VII/2022 dan Porprov VIII/2023.

Sementara itu, Kota Malang yang sempat memimpin perolehan medali dan poin harus rela berada pada nomor urut ke-2 dengan mengantongi 2 emas dan 2 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati kontingen cabor catur dari Bangkalan dengan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Menempati posisi runner-up sudah sesuai target yang diusung Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kota Malang sebelum tampil di Porprov VIII Jatim. Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Percasi Kota Malang Tatit Budisucahyo menilai penentuan juara umum cabor catur sulit untuk diprediksi karena perkembangan kekuatan kota/kabupaten yang merata.(her/s)

#PORPROV Jatim