Minggu, 28 April 2024

Jelang Ramadan, Pj Wali Kota Probolinggo Gaungkan Gerakan Bersih-Bersih Masjid

Diunggah pada : 29 Februari 2024 21:24:04 36
Seumber foto: Dok. Diskominfo Kota Probolinggo

Jatim Newsroom - Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, kembali menggagas sebuah ide kreatif. Kali ini, bersama anggota Forkopimda dan para stakeholder lain, ia menginisiasi Gerakan bersih-bersih Masjid sebagai langkah positif menjelang bulan suci Ramadan. Sebelum bergerak menuju masjid yang dituju, gerakan ini diawali apel pagi, Kamis (29/2/2024) di halaman pemkot dengan diikuti 736 peserta gabungan dari anggota TNI, Polri, Kemenag, perangkat daerah, takmir masjid, Bank Jatim, tenaga keamanan, hingga tenaga kebersihan.

Sebagaimana dalam laman resmi Pemkot Probolinggo, Pria kelahiran Banyuwangi ini mengatakan, niat mulia membersihkan masjid menjadi bagian tanggung jawab kita sebagai umat muslim. “Di sela waktu kita beraktivitas, mari sempatkan untuk bersihkan masjid, musala, langgar/surau di sekitar. Dengan harapan, saat ramadan nanti sudah bersih, nyaman digunakan beribadah serta menambah kekhusyukan dalam melaksanakan salat tarawih dan ibadah sunnah lainnya,” ungkapnya.

Sejumlah 158 masjid di Kota Probolinggo serentak melaksanakan kegiatan yang sama. Seluruh peserta gabungan pun disebar ke sejumlah masjid yang menjadi sasaran bersih-bersih. Tentunya hal ini mendapat respon positif dari anggota forkopimda, termasuk Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto yang turut mengapresiasi ide spontanitas yang dimotori Nurkholis.

“Gerakan ini memotivasi masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan kerja bakti bersih-bersih masjid. Ini adalah bentuk kekompakan pemerintah bersama forkopimda serta masyarakat. Apalagi momen puasa ramadan sudah di depan mata, dan di sini sudah mendahului mempersiapkannya,” imbuhnya.

Selanjutnya, penjabat wali kota beserta rombongan bergerak menuju Masjid Agung Radlatul Jannah di sebelah barat alun-alun kota. Semua pihak yang tergabung bergerak bersih-bersih masjid, seperti menyapu, mengepel, membersihkan kaca, hingga merapikan tatanan Al-Qur’an.

Usai bersih-bersih, Nurkholis berbincang dengan takmir masjid, Paeni Effendi. Selain melihat kondisi bangunan masjid, ia juga menampung permasalahan yang dihadapi.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan peralatan kebersihan yang diserahkan Nurkholis untuk masjid Kodim 0820, masjid polresta, Lurah Jati, Lurah Mangunharjo.  Ada pula bibit cabai yang diserahkan perwakilan DLH, Dispopar, DPMPTSP, Sarpras dan Camat Mayangan. (ghf/s)

 

 

#kota Probolinggo #Ramadan